Home » » Sambut Hari Kopi Sedunia: Mari Kita Berkebun Kopi

Sambut Hari Kopi Sedunia: Mari Kita Berkebun Kopi

Aneka kegiatan sambut Hari Kopi Sedunia dibuat di tempat terbuka halaman Museum Tekstil
Jakarta (IndonesiaMandiri) – 1 Oktober dikenal luas sebagai Hari Kopi Sedunia. Para Barista biasanya banyak membuat acara untuk semarakkan hari kopi yang monumental ini. Tak terkecuali di Indonesia, yang termasuk kualitas kopinya ada dalam urutan lima besar di dunia. Di Museum Tekstil,  Tanah Abang, Jakarta, digelar acara spesial sambut hari kopi sedunia dengan berbagai kegiatan, seperti diskusi, meracik, hingga membuat 1000 cup kopiyang dibagikan gratis ke masyarakat (1/10).
Edy Panggabean, Ketua Asosiasi Kopi Luwak Indonesia, yang juga sebagai pembicara dalam acara ini, mengajak generasi muda yang hadir untuk tak hanya menikmati kopi saja. Tetapi bila kelak ada rizki lebih, membei tanah dan ditanami dengan kopi. “Mari kita berkebun kopi,” ucap Edy yang juga penulis “Buku Pintar Kopi” dan sudah dicetak ulang hingga empat kali. Dengan berkebun kopi, menurut Edy, adalah bagian dari rasa cinta tanah air dan rasa bela negara kepada bangsa.
Menariknya, tempat acara ini dibuat dalam ruang terbuka (outdoor), di bawah pohon rindang di halaman Museum Tekstil. “Kami juga mengajak generasi muda mileneal untuk menikmati koleksi kain batik yang ada di museum. Karena kebetulan besok tanggal 2 Oktober adalah Hari Batik Nasional,” jelas  Esti Utami, Kepala Museum Tekstil.
Jadi, semua peserta acara kopi, juga mendapat pengetahuan sekaligus tentang batik dan lainnya yang ada di Museum Tekstil. Peserta acara kebanyakan dari SMK dan pegiat kopi (Barista) dari berbagai lembaga (ma).
Foto: abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer