Home » » Ajang APWI Efektif Promosikan Destinasi Wisata Indonesia

Ajang APWI Efektif Promosikan Destinasi Wisata Indonesia

Menteri Pariwi
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai ajang Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) miliki media value tinggi sehingga efektif bantu promosi kebijakan strategis Kementerian Pariwisata. Arief Yahya ucapkan hal itu saat umumkan pemenang APWI 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta (2/9).

Oleh sebab itu, pihaknya tak segan beri hadiah lebih besar, di mana pada 2017 hadiahnya Rp200 juta, lalu 2018 naik menjadi Rp300 juta, dan 2019 meningkat signifikan ke Rp500 juta. “Hadiahnya relatif besar. Tapi Media Value APWI 2019 bisa mencapai Rp15 miliar. Jauh lebih tinggi dari anggaran yang kami berikan. Ilmunya media valuenya tinggi, dan eskposurenya besar sehingga sangat membantu promosi sesuai tema yang ditetapkan, dan tahun depan kami akan naikkan menjadi Rp1 miliar dengan tema Tourism 4.0,” janji Menpar.

Pada kesempatan sama, Sekretaris Kemenpar Kurleni Ukar menambahkan, penghargaan APWI 2019 merupakan apresiasi Kemenpar kepada pewarta pariwisata atas karya tulisan dan tayangan televisi terbaik mereka seputar Millennial Tourism sebagaimana tema utama dan Destinasi Super Prioritas yang mendapat perhatian khusus pemerintah.

Kompetisi diikuti peserta masing-masing kategori yaitu Majalah 28 karya, Surat Kabar 40 karya, Televisi 73 karya, Blog 92 karya, Media Online 117 karya, dan Kategori Khusus 79 karya dan satu kategori Best of The Best. Berikut daftar pemenang APWI 2019 :

Pemenang Kategori Blogger:

Juara Satu: "The Kaldera, Pintu Milenial Tourism di Toba" karya Ang Tek Khun.

Juara Dua: “Terjebak di Antara Dua Dimensi Waktu de Tjolomadoe” karya Sukma Mustika Aji.

Juara Tiga: “Jelajah Budaya dan Sejarah Dalam Jogja Cross Culture Wisata Yang Cocok Buat Milenial" karya Arinta Setiasari.

Juara Harapan Satu: “Mencoba De Loano Glamorous Camping, Wisata Kemah Milenial di Dekat Borobudur" karya Ardian Kusuma.

Juara Harapan Dua: “Taman Bunga Sampai Tempat Angker, Serunya Berburu Destinasi Instagramable" karya Fahrio Rizaldi Abror.

Pemenang Kategori Cetak Majalah
Juara Satu: “Vakansi Visual" karya Kurniadi Widodo dan Christian Rahadiansyah.


Juara Dua: “Ekspresi Imajinasi Ala Milenial" karya Dody Wiraseto.

Juara Tiga: “Semarang" karya Andri Syahreza.

Juara Harapan Satu: “Berebut Pasar Pelancong Milenial yang Seksi" karya Sri Niken Handayani.

Juara Harapan Dua: “Wisata Milenial di Jogjakarta" karya Harry Purnama.

Pemenang Kategori Media Cetak Koran

Juara Satu: “Nge-Vlog” di Dataran Tinggi Dieng" karya Arief Suharto”.

Juara Dua: “Jelajah Hutan Anggrek Nan Kekinian" karya Briyanbodo Hendro.

Juara Tiga: “Menggenggam Promosi Digital, Menggaet Wisman Milenial" karya Fadhil.

Juara Harapan Satu: “Lukisan Warna Bumi Anoa" karya Saiful Rijal Yunus.

Juara Harapan Dua: “Kenalkan Waktu Ulo dan Pegon Melalui Vlog dan Blog" karya Bagus Supriadi.

Pemenang Kategori Media Online

Juara Satu: “Bius Tujuh Destinasi Kekinian Bandung" karya Edi Sutrisno.

Juara Dua: “Pesona Cinta dari Teluk Jering" karya Muhammad Amin.

Juara Tiga: “Mengincar Wisatawan Milenial dengan Warisan Dunia" karya Miko Elfisha.

Juara Harapan Satu: “Melepas Penat Sejenak di Kafe Tengah Hutan Kota Jakarta nan Instagramable" karya Dinny Mutiah.

Juara Harapan Dua: “Mencari Permata Tersembunyi di Yogyakarya" karya Silvita Agmasari.

Pemenang Kategori Media Televisi APWI 2019

Juara Satu: “Menyusuri Jejak Kolonial ala Milenial, program Geopark Indonesia, INEWS”.

Juara Dua: “I Love Jakarta, program Journey, Metro TV”.

Juara Tiga: “Wisata Milenial Bandung Juara, program Jalan-Jalan! Kompas TV”.

Juara Harapan Satu: “Surga di Ujung Timur Nusantara, program Destinasi Liputan 6, SCTV”.

Juara Harapan Dua: “Surga Nomad di Pulau Dewata, program Inside Indonesia, CNN Indonesia TV”.

Pemenang Kategori Khusus

Juara Satu: “Melirik Wisata Nomadik Labuan Bajo, program Inside Indonesia, CNN Indonesia TV”.

Juara Dua: “Jalan Jalan! Horas Menjuah-juah, program Jalan-Jalan! Kompas TV”.

Juara Tiga: “Pesona Kawasan Wisata Mandalika, program CNN Indonesia News, CNN Indonesia TV”.

Juara Harapan Satu: “Bukit Holbung Danau Toba karya Yuki Anggia Putri”.

Juara Harapan Dua: “Mengakrabi Romantisme Borobudur Nan Penuh Teka-Teki karya Hannif Andy Al Anshori”.

Pemenang Best Of The Best
Surga Cantik dari Indonesia Timur, program Travel Addict, GTV (fm/pn).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer