Home » » Kodam XVI/Pattimura Ajak Masyarakat Pelihara Lingkungan

Kodam XVI/Pattimura Ajak Masyarakat Pelihara Lingkungan

Aksi tanam pohon diinisiasi Kodam XVI/Pattimura agar masyarakar rawat lingkungan
Ambon (IndonesiaMandiri) – Momentum  peringatan HUT TNI Ke-74 pada 05 Oktober nanti, oleh Kodam XVI/Pattimura  salah satunya melakukan langkah nyata menggelar program penghijauan lingkungan di berbagai lokasi di dalam wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.  Aksi penghijauan yang diinisiasi Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq tersebut,  juga dimaksudkan sebagai upaya mengembalikan kejayaan Provinsi Maluku yang sudah lama dikenal memiliki segudang kekayaan khas  berupa potensi keindahan alam, dan aneka tanaman legendaris atau pohon-pohon langka bernilai ekonomi tinggi diantaranya pohon pala, cengkeh, samama, pohon kayu besi, pohon linggua dan pohon torem.
Salah satu tugas dan peran utama TNI di masa damai (Operasi Militer Selain Perang atau OMSP) adalah menjaga ketahanan nasional, dalam hal ini menyangkut ipoleksosbudhankam, seperti kegiatan penghijauan. Aksi nyata ini sangat berpengaruh dalam kemaslahatan dan kesejahteraan bagi seluruh manusia dimanapun.
Pangdam Mayjen TNI Marga Taufiq memimpin langsung bersama jajarannya,  elemen kampus serta berbagai unsur masyarakat lainnya melakukan  penanaman lebih dari 1.000 pohon di lahan sekitar Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dan Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon. 
Beragam jenis pohon ditanam dalam aksi bertema “Satu Dunia, Satu Kehidupan dan Satu Kesempatan Untuk Menjaganya”, diantaranya pohon seperti palaka, sukun, samama, miranti, kenari, cempedak, durian, bakau, dan lain-lain. Ini merupakan program “Serbuan Teritorial” yang  dilaksanakan selama dua bulan yaitu September dan Oktober 2019 (ma).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer