Home » » Teluk Uf Di Maluku Tenggara Menuju Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Teluk Uf Di Maluku Tenggara Menuju Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Pesona Teluk Uf bakal didukung program KEK Pariwisata
Maluku Tenggara (IndonesiaMandiri) - Teluk Uf di Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara diusulkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata agar pengembangan wilayah bisa berjalan lebih cepat dan dinamis. Usulan disampaikan Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun di hadapan perwakilan Dewan Nasional KEK, OPD Kabupaten Maluku Tenggara, perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, dan perwakilan pengusaha pariwisata Maluku Tenggara di Hotel Grand Villa, Maluku Tenggara (25/4).



Taher menjelaskan, adanya KEK dianggap sebagai solusi untuk permasalahan yang ditemui dalam pembangunan pariwisata.
“Kami senang karena niat membangun KEK di Kabupaten Maluku Tenggara mendapat sambutan baik dari Kemenpar," kata M Taher. Diakuinya, salah satu tantangan jalankan KEK yakni mengenai pembebasan lahan. Pihaknya telah melakukan pendekatan terbuka dengan masyarakat.


Keindahan alam Teluk Uf bisa memukau dunia

Sementara itu, Kabid Investasi Destinasi Pariwisata Khusus Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rudy P Siahaan, menjelaskan, pihaknya mendorong pemda di seluruh Indonesia untuk membangun 100 KEK. “KEK merupakan kawasan yang diberi kemudahan fiskal dan non fiskal secara khusus. Dalam KEK, diberlakukan regulasi yang mempermudah izin investasi bagi para investor" jelas Rudy lebih lanjut.

Akan ada penetapan KEK sebanyak 25 kawasan. Dari target nasional itu ditetapkan 12 KEK melalui peraturan pemerintah, 4 di antaranya KEK Pariwisata yakni Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang, Morotai, dan Mandalika. Selain itu ada 3 KEK yang sedang dalam proses penetapan yakni KEK Tanjung Gunung, KEK Sungailiat dan KEK Singhasari.

Potensi pariwisata Maluku Tenggara sangat strategis dan berpotensi untuk dikembangkan karena berasa di jalur Alki 3 di Laut Banda yang merupakan jalur pelayaran internasional. Ini merupakan salah satu keunggulan daerah ini, yakni kemudahan akses. Bicara keunggulan daerah, kekayaan alam di Maluku Tenggara pun sangat mempesona. Sebut saja Pantai Pasir Panjang yang memiliki pasir putih terhalus kedua di dunia (pn/ma).

Foto: Dok. Kemenpar



Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer