Home » » Garut Gelar Gebyar Pesona Budaya Tampilkan 123 Atraksi Wisata

Garut Gelar Gebyar Pesona Budaya Tampilkan 123 Atraksi Wisata

Posted by Indonesia Mandiri on April 06, 2019

Garut hadirkan 123 atraksi wisata sepanjang 2019

Garut/Jabar (IndonesiaMandiri) - Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, gelar acara Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) 2019 pada 6-7 April 2019 di alun-alunnya menampilkan 123 atraksi wisata budaya dan kesenian. GPBG adalah even untuk memajukan sektor pariwisata Garut sekaligus menarik lebih banyak wisatawan nusantara (wisnus) dan mancanegara (wisman). Acara ini sekaligus peringati Hut Kabupaten Garut ke-206 mengusunf tema "Garut Tandang Ngahibarkeun Dangiang", bermakna tetap melestarikan budaya bangsa agar lebih dikenal hingga mancanegara.

Sepanjang 2019, Kabupaten Garut siapkan 123 event budaya dan kesenian. Salah satu even unggulannya GPBG, yang disemarakkan pemecahan rekor dunia permainan alat musik Celentung terbanyak dibawakan 206 siswa asal Kecamatan Selaawi. “Ternyata Kabupaten Garut ini adalah kabupaten dengan event pariwisata terbanyak di Indonesia, ada 123 event tahun ini, mengungguli Banyuwangi yang memiliki 99 event," kata Menpar Arief Yahya saat hadiri Festival Gebyar Pesona Budaya Garut 2019, di Garut (6/4).

Sejumlah Dubes negara sahabat hadiri atraksi budaya Garut
Menurut Bupati Garut Rudi Gunawan, "Gebyar Pesona Budaya Garut 2019 menjadi even budaya berbasis ekonomi kreatif yang berupaya mewujudkan sinergitas akselerasi kemajuan kebudayaan untuk kekuatan ekonomi nasional.” GPBG juga dihadiri oleh Duta Besar negara sahabat dari Serbia, Bosnia, dan Slovakia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mewakili Gubernur Jawa Barat menyebut, Garut menjadi Kabupaten dengan even terbanyak di Jawa Barat. Dari 580 event yang diselenggarakan oleh berbagai kabupaten/kota di seluruh Jawa Barat, Kabupaten Garut menyumbang 123 event. Ini akan menjadi keuntungan tersendiri karena akan menarik banyak jumlah wisatawan. "Ditambah lagi Garut sudah mulai ditopang dengan transportasi kereta api dari Jakarta ke Cibatu, yang akan menjadi kekuatan di sektor pariwisata," ujarnya (pn/ma).

Foto: Dok. Kemenpar


Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala