TNI AL Ajarkan Pencegahan Bencana Kepada Pramuka Sidoarjo

Pramuka latihan SAR dari prajurit TNI AL
Surabaya (IndonesiaMandiri) - TNI AL melalui Koarmada II, khususnya Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair), memberikan pelatihan tentang  Pencegahan dan Penanggulangan Bencana yang terjadi di laut atau perairan di Kombasin, Surabaya (10/3).


Pelatihan yang juga berfokus pada upaya pencarian dan penyelamatan (Search and Rescue /SAR) ini,  diikuti 89 siswa dan siswi Pramuka Saka Bhayangkara kwartir ranting Taman Sidoarjo. Sementara itu sebanyak 10 orang personel Dislambair dengan seksama dan profesional,  mengajarkan para siswa tersebut bagaimana cara menggunakan pelampung, kemudian berenang, menggunakan perahu karet, dan keterampilan lainnya yang dibutuhkan dalam upaya SAR jika terjadi peristiwa kapal /perahu tenggelam di laut, maupun sungai, juga banjir bandang.



Pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari penuh ini merupakan bagian dari Krida Saka Bhayangkara, atau semacam program keterampilan bagi anggota Pramuka dalam mendukung tugas-tugas kemanusiaan terkait bencana alam di Indonesia (ma).



Foto: Dispen Koarmada II
Share:

Arsip