Taman Nasional Komodo Pro Aktif Bersihkan Sampah Di Lingkungannya

Pelajar SD ikut peduli bersihkan sampah di Taman Nasional Komodo
Labuan Bajo/Nusa Tenggara Timur (IndonesiaMandiri) - Balai Taman Nasional Komodo/BTNK turut semarakkan Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN dengan melibatkan pelajar dan masyarakat setempat untuk melakukan beragam kegiatan pada 4 Maret lalu.

Kegiatan diawali dengan apel di halaman SD Pasir Panjang Pulau Rinca dihadiri pegawai BTNK, pegiat wisata (Asita), Pemda Desa Pasir Panjang, Saka Wanabakti, Pelajar, Guru dan Wartawan.

Lokasi pembersihan sampah fokus pada 4 titik, yaitu Kampung Rinca Pulau Rinca, Pulau Kambing, Kampung Komodo Pulau Komodo dan Kampung Papgarang Pulau Papagarang. 

Dari empat daerah yang dibersihkan, terkumpul sekitar 980 kg sampah. Rata-rata setiap karung berisi 20 kg sampah, dimana sampah plastik atau non-organik adalah yang mendominasi. Sedangkan sampah organik dibiarkan di lokasi untuk diolah


Gotongroyong dengan masyarakat setempat pelihara kebersihan Taman Nasional Komodo
Setelah pengumpulan sampah di lapangan, lalu diangkut ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT untuk dilakukan pengolahan oleh bank sampah agar dapat didaur ulang atau diangkut ke TPA (yang tak bisa didaur ulang). Kegiatan ini sebenarnya secara rutin sudah sering dilakukan pihak BTNK sekaligus sosialisasi kepada masyarakat setempat dan wisatawan agar memelihara lingkungan (ma).



Foto: BTNK
Share:

Arsip