Home » » Komandan Kapal Survei Australia Kunjungi Pushidrosal

Komandan Kapal Survei Australia Kunjungi Pushidrosal

Posted by INDONESIA MANDIRI on Minggu, 03 Maret 2019

Kapal Survei AL Australia kunjungi Pushidrosal

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menerima kunjungan dua komandan kapal survei Australia, yaitu Komandan MMAS Leeuwin A245 Commander Richard Mortimer dan Komandan HMAS Diamantina Lieutenant Commander Darren McDevit didampingi Deputi Athan Australia Kolonel Mattew Brown, di Anjungan utama Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara (28/2).

Kunjungan tamu dari Royal Australian Navy (RAN) ini diterima Direktur Operasi Survei dan Pemetaan/Diropssurta Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Haris Djoko Nugroho mewakili Kapushidrosal. Kedatangan RAN merupakan rangkaian kegiatan peringati Perang Laut Jawa dengan tabur bunga di atas kerangka kapal HMAS Perth menggunakan unsur TNI AL KRI Usman Harun.

Dalam kunjungan tersebut dibahas beberapa hal, di antaranya kerjasama pendidikan terkait pengiriman perwira Pushidrosal dbantu kantor hidrografi Australia, untuk dapat melaksanakan pendidikan Category B di HMAS penguins di 2019, dimana terakhir 2007 sebagai bentuk hasil dari kegiatan ship rider sebelumnya. Pertemuan juga membahas peluang kerjasama pembuatan peta bersama di perbatasan Indonesia dan Australia yang dapat dimulai di perairan perbatasan antara Indonesia dan Chritmas island.

Secara khusus, kedua komandan kapal survei RAN itu menyampaikan permohonan bantuan pemerintah Australia melalui Athan, yang menyampaikan berdasarkan Kep Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 21/2018 menetapkan perairan sekitar kerangka HMAS Perth di Selat Sunda merupakan Kawasan Konservasi Maritim, untuk dapat dimasukkan dalam peta laut maupun Electronic Navigational Chart (ENC) Boundary sekitar kerangka kapal. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga agar tidak rusak dari jangkar kapal lain ataupun kegiatan lainnya (ma).


Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri