Home » » Ibu Iriana Jokowi Tetap Semangat Dalam Kondisi Hujan Tanam Pohon Mangrove

Ibu Iriana Jokowi Tetap Semangat Dalam Kondisi Hujan Tanam Pohon Mangrove

Posted by INDONESIA MANDIRI on Senin, 11 Maret 2019

Semangat Ibu Iriana Jokowi tanam pohon Mangrove meski kondisi hujan
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Guyuran hujan yang turun sejak pagi di Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, tak mengurangi semangat Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk menanam pohon sebagai upaya meminimalisasi dampak gelombang tinggi di daerah pantai. Ibu Negara tanam pohon Bakau jenis Rhizophora mucronata dan Pulai (Alstonia scholaris) didampingi Ibu Mufidah Yusuf Kalla, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Ibu-ibu dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) serta masyarakat sekitar di Pantai PLTU Labuan (11/3).


Dalam acara bertema Rehabilitasi Mangrove untuk Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim, selain di Labuan, penanaman 1 juta mangrove serentak dilakukan di 10 Provinsi dengan total ditanam sekitar 53.000 batang. Ibu Iriana pun menyapa para peserta penanaman mangrove melalui teleconference.



Tanaman mangrove memiliki banyak sekali manfaat, yaitu sebagai penyerap polutan, pencegah intrusi air laut, penelitian dan pendidikan, penyimpan karbon, wisata alam, tempat pemijahan aneka biota laut, pelindung garis pantai dari abrasi dan tsunami, penyedia HHK dan HHBK, serta tempat berlindung dan berkembang biaknya berbagai jenis fauna ekosistem payau. Saat ini, Indonesia memiliki kurang lebih 19% dari total mangrove di dunia, yaitu 3,48 juta hektar, terdiri dari kondisi mangrove baik seluas 1,67 juta hektar, dan kondisi mangrove rusak 1,81 juta hektar.



Untuk merehabilitasi mangrove yang rusak, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 73 Tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pengelolaan Ekosistem Mangrove, dan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian No. 4/2017 tentang Kebijakan, Strategi, Program, dan Indikator Kinerja Pengelolaan Ekosistem Mangrove Nasional (dh).



Foto: Dok. KLHK

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri