Sijuk Heritage Belitung Contoh Daerah Wisata Multikultural


Pengecatan bersama secara simbolik di Desa Sijuk
Belitung (IndonesiaMandiri) - Desa Sijuk Heritage di Tanjung Kelayang, Belitung, bisa menambah kawasan yang lebih terkenal lagi, disamping selama ini telah dikenal luas melalui film “Laskar Pelangi”.


Desa ini, direvitalisasi melibatkan berbagai lembaga, seperti akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah, dan media guna mendukung destinasi Tanjung Kelayang sebagai satu di antara 10 destinasi pariwisata prioritas.



“Awalnya, kami melakukan penelitian kemudian ditingkatkan sebagai program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Pemda Belitung serta kini didukung industri dan media sebagai kekuatan pentahelix pariwisata,” kata Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia Prof. DR. Andrianus L.G. Waworuntu didampingi pihak Kemenpar, Universitas Indonesia, dan PT Propan Raya di Desa Sijuk Heritage (23/2).



Pengembangan Sijuk libatkan masyarakat setempat
Andrianus L.G. Waworuntu didampingi Bupati Belitung H. Saani Saleh, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuti, Dewan Pengarah ICCN (Indonesia Creative Cities Network) juga sebagai Direktur PT Propan Raya DR Yuwono Imanto, Tim FIB UI Irmawati Marwoto, dan Tim Percepatan Pembanguan Destinasi Wisata Prioritas Kemenpar, Larasati Sedyaningsih, juga secara simbolis mengecat rumah pertama dari 60 rumah adat yang akan revitalisasi (ay/ab).



Foto: Komblik Kemenpar
Share:

Arsip