Home » » Pushidrosal Asah Kemampuan Hidrografi Mitigasi Di Pasifik Selatan

Pushidrosal Asah Kemampuan Hidrografi Mitigasi Di Pasifik Selatan

Posted by INDONESIA MANDIRI on Jumat, 15 Februari 2019

Hidrografi Mitigasi jadi bahasan penting SWPHC

Alofi Niue/Pasifik Selatan (IndonesiaMandiri) - Wilayah Pasifik Selatan merupakan jalur ring of fire yang sangat rentan terjadinya bencana gempa bumi, tsunami maupun taifun (cyclone) termasuk Indonesia. Itu salah satu topik penting dibahas dalam pertemuan South West Pacific Hydrographic Commission (SWPHC) di Alofi, Niue, 11-12 Februar1 2019 tentang Technical Workshop on Disaster Response Planning and Data Discovery, sebagau program capacity building International Hydrographic Commission (IHO).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan hidrografi dan marine safety information dalam mengelola, meminimalkan korban akibat bencana alam serta guna menetapkan rute alternatif untuk keselamatan navigasi bagi kapal-kapal yang berlayar sekitar daerah bencana, serta updating data hidrografi yang merupakan hal yang sangat penting demi suksesnya misi bantuan kemanusiaan penganggulangan bencana.

Selain untuk menambah pengetahuan dan pengalaman tentang penanganan mitigasi bencana, Pushidrosal juga mendapat kesempatan berbagi pengalaman tentang peran kantor hidrografi (Pushidrosal) dalam penanganan bencana gempa bumi dan tsunami di Indonesia yaitu di Selat Sunda dan Palu-Donggala.

Dari Indonesia yang hadir Wakapushidrosal Laksma TNI Trismadi didampingi Kadishidro Pushidrosal, Letkol Laut (P) Oke Dwiyana. Sebagai anggota komunitas hidrografi dan pemetaan, Indonesia harus berupaya meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya di bidang hidrografi untuk mendukung mitigasi bencana termasuk negara-negara Pasifik Selatan.

SWPHC dibawah koordinasi organisasi International Hydrographic Commission (IHO) terdiri dari delapan anggota yaitu Australia, Fiji, France, New Zealand, Papua New Guinea, Tonga, UK, USA dan delapan associate members yaitu Cook Islands, Kiribati, Niue, Palau, Samoa, Solomon Islands, Vanuatu termasuk Indonesia/Pushidrosal serta observer yaitu New Caledonia (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri