Home » » Kementerian Pariwisata Garap Serius Pasar Wisatawan Milenial

Kementerian Pariwisata Garap Serius Pasar Wisatawan Milenial

Posted by INDONESIA MANDIRI on Kamis, 28 Februari 2019

Menpar Arief Yahya saat Rakornas bahas Pasar Tourism 4.0
Jakarta (IndonesiaMandiri) -  Menteri Pariwisata Arief Yahya sambut positif era pariwisata atau tourism 4.0 bagi wisatawan milenial dengan target jumlahnya mencapai 50 persen dari keseluruhan wisman inbound ke Indonesia bakal diproyeksi pertumbuhan berlipat.
“Sebagai perbandingan, Malaysia dalam program tourism 4.0 menargetkan pertumbuhan 4 kali lipat pada 2030, sedangkan Spanyol menjadi negara yang paling berhasil dalam tourism 4.0,” kata Menpar Arief Yahya ketika membuka sekaligus menjadi keynote speaker di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata I/2019 bertema ‘Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDT) 4.0: Transforming Tourism HR to Win The Global Competition in The Industry 4.0 Era’ di Hotel Sultan Jakarta (28/2).
Menpar Arief mengatakan, tourism 4.0 yang ditujukan pada wisatawan milenial ditandai dengan adanya perubahaan perilaku yang cenderung lebih mandiri dan individual. Ia mencontohkan wisman milenial Tiongkok yang dahulu dikenal sebagai "group tourism" sekarang lebih banyak  menjadi individual tourism.
"Kunci dalam grand strategy pariwisata era industri 4.0 adalah Sumber Daya Manusia atau SDM dan ini sebagaimana program yang ditetapkan Presiden Jokowi tahun ini yakni fokus pada SDM,” kata Arief Yahya. Perubahaan perilaku pasar, kata Arief Yahya, lebih lanjut diikuti pula dengan berubahnya perilaku konsumen (customer behavior) yang semakin mobile, personal, serta interatif dan ini menjadi sifat dari digital yakni semakin digital, semakin personal (pn/ma).
Foto: Dok. Kemenpar

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri