Kemenpar Sosialisasi KUR Majukan Sektor Usaha Pariwisata Di Danau Toba

Danau Toba jadi target sosialisasi KUR

Toba Samosir/Sumut (IndonesiaMandiri) - Kementerian Pariwisata/Kemenpar mendorong para pelaku usaha khususnya UMKM sektor pariwisata di sekitar Danau Toba, yakni di Toba Samosir, Sumut, untuk mengakses program perkuatan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kepala Bidang Investasi Destinasi Pariwisata Prioritas, Kemenpar, Nurwan Hadiyono, di Toba Samosir, mengatakan para pelaku usaha di bidang pariwisata sejak Agustus 2018 telah dimungkinkan untuk mendapatkan prioritas KUR melalui skema khusus KUR pariwisata (13/2).

Pelaku UMKM terbantukan adanya KUR dari Kemenpar
“Toba Samosir/Tobasa dipilih sebagai lokasi sosialisasi KUR karena merupakan satu dari 10 Destinasi Prioritas Pariwisata dan kali ini dilaksanakan di sekitar Danau Toba. Sebelumnya sudah dilaksanakan di sekitar kawasan Danau Toba lainnya yaitu Kabupaten Humbang Hasundutan,” katanya.

Sosialisasi KUR Pariwisata diikuti 100 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tobasa. Banyak pelaku UMKM tersebut mengaku baru pertama kali mendapatkan sosialisasi mengenai literasi keuangan termasuk cara menilai kondisi usaha dan merencanakan bisnis ke depan. KUR yang ditawarkan dengan bunga ringan 7 persen pertahun atau 0,4 persen perbulan.

KUR ini merupakan skema baru yang diprioritaskan bagi pelaku UMKM sektor pariwisata. Kredit tersebut terbagi dua yaitu KUR mikro dan KUR ritel. Untuk segmen mikro, plafon kredit besarannya maksimal Rp25 juta perdebitur, serta ritel berkisar Rp25 juta sampai dengan Rp500 juta (fm/ay).

Foto: Dok. Kemenpar
Share:

Arsip