Home » » TNI AL Diperkuat Kapal Baru KRI Semarang-594

TNI AL Diperkuat Kapal Baru KRI Semarang-594

Posted by Indonesia Mandiri on Januari 21, 2019

Kapal baru KRI Semarang produk dalam negeri PT PAL

Surabaya (IndonesiaMandiri) - Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji didampingi Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto meresmikan KRI Semarang-594, di galangan PT. PAL Indonesia, Koarmada II Ujung, Surabaya (21/1).


TNI AL menerima alat utama sistem senjata (alutsista) baru buatan anak bangsa yakni KRI Semarang-594 dengan komandan kapal Letkol Laut (P) Pantun Ujung, merupakan kapal perang jenis Landing Perform Dock (LPD) buatan PT. PAL.



Kapal LPD ini memiliki spesifikasi panjang 124.00 meter, lebar 21.80 meter dengan berat 7200 ton, kecepatan maksimal 16 knots, dengan kecepatan jelajah 14 knots, serta mampu berlayar dengan endurance selama 30 hari. Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) produksi ini dilengkapi dengan dua kapal Landing Craft Utilities  (LCU) yang mampu mengangkut delapan unit ranpur jenis Anoa, 28 truck, serta tiga unit helikopter baik itu pada helideck maupun di hanggar kapal, dan mampu mengangkut hingga 650 prajurit.
KRI Semarang-594 juga akan diperkuat dengan 121 anak buah kapal dan bergabung dalam Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada I.



Dengan bergabungnya KRI Semarang-594 di jajaran armada TNI AL , maka menjadi kapal LPD ke-3 yang dimiliki TNI AL. Dua unit kapal sebelumnya yang difungsikan membantu distribusi militer baik logistik, peralatan dan perlengkapan militer, serta sebagai kapal bantu rumah sakit untuk bantuan bencana alam tersebut adalah KRI Banjarmasin-592, dan KRI Banda Aceh-594 (bp).



Foto: Dispen Koarmada II

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala