Home » » Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo-Flores Terbentuk

Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo-Flores Terbentuk

Posted by Indonesia Mandiri on Januari 17, 2019

Shana Fatina Direktur BOP Labuan Bajo-Flores
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata telah membentuk Badan Otorita Pengelola/BOP Kawasan Pariwisata Labuan Bajo-Flores, dimana sebelumnya telah ada lembaga serupa untuk di Danau Toba (Sumatera Utara) dan Borobudur (Jawa Tengah). Tiga destinasi wisata ini memang masuk dalam 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.
Berdasarkan Peraturan Presiden Nomer 32/2018 tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Labuan Bajo Flores, Nomor : B.310/Maritim/04/2018 Tanggal 11 April 2018, Menteri Pariwisata Arief Yahya melantik Shana Fatina sebagai Direktur BOP Labuan Bajo-Flores (15/1).

Shana, sebelumnya sejak 2016 sudah membantu Menpar sebagai Tim Percepatan Pengembangan 10 Destinasi Wisata Prioritas di Labuan Bajo. Ia juga banyak menggeluti usaha eko wisata bahari di Labuan Bajo. “Sudah tepat Ibu Shana dipilih. Sesuai posisinya disana. Ia cukup banyak tahu permasalahan dan jalan keluar kondisi di Labuan Bajo,” komentar Max Tjoajadi, Direksi Lets Dive Komodo, sebuah perusahaan jasa wisata dan menyelam di Labuan Bajo.

Akses menuju Labuan Bajo kian mudah
Kota Labuan Bajo sebagai pintu gerbang dan zona penyangga Taman Nasional Komodo (TNK) memang banyak menjadi perhatian dunia. Ini dikarenakan, salah satunya, keberadaan binatang purba Komodo, disamping keindahan alamnya, termasuk bawah lautnya. Akses penerbangan ke Labuan Bajo sudah mudah, disamping pelabuhan marina juga sedang dibangun.

“Harapan kami, BOP bisa ikut membangun pengembangan pariwisata yang integratif dari semua spot-spot wisata yang ada di Manggarai Barat dengan tetap konsisten mendorong perilaku berwisata yg baik, ramah lingkungan, sesuai daya dukung spot wisata. Juga meningkatkan jumlah guide bersertifikat dan terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak,” ucap Dwi Putra Sugiarto, Staf Taman Nasional Komodo (ma).

Foto: istimewa/abri




Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala