Home » » Wisata Di Air Tawar Yang Menantang

Wisata Di Air Tawar Yang Menantang

Klaten (IndonesiaMandiri) – Banyak orang yang tidak menyangka dengan adanya wisata di kolam air tawar di Tempat Pemandian Umum Umbul Ponggoj, Klaten, Jawa Tengah. Hanya berjarak sekitar satu jam setengah dari kota Yogyakarta, dengan kendaraan, kita sudah bisa mencapai tempat ini.  Air alami yang bersumber dari pegunungan di sekitarnya ini kemudian ditampung dalam kolam besar. Airnya sangat dingin dan jernih. Kemudian, pihak pengelola juga membiarkan ikan-ikan ikut berenang bebas di dalamnya.  Tak pelak, masyarakat yang berenang pun, akan diitemani berbagai ikan kecil disekelilingnya.

Hal lain yang menarik adalah, pihak pengelola menawarkan jasa memotret di dalam air yang kedalamannya mencapai tiga meter ini, dengan latar beberapa barang unik seperti becak, sepeda atau kursi. Si pemotret tentunya menggunakan kamera khusus untuk di dalam air (under water) sembari memberikan pengarahan kepada masyarakat.

Dengan membayar 100 ribu rupiah, kita diberi waktu satu jam untuk dipotret di dalam air tawar ini. Bila meminjam barang dari si pemotret, menambah 60 ribu rupiah lagi. Sedangkan untuk masuk ke tempat pemandiannya, cukup hanya delapan ribu rupiah per orang.

Tetapi jangan menganggap sepele dulu untuk bisa berpose di dalam air tawar ini. Karena perlu nyali dan stamina yang ekstra kuat juga. Karena, disamping sebaiknya sudah memiliki ketrampilan berenang, kita juga harus kuat menahan nafas saat disuruh menyelam hingga kedasar. Saat disuruh menyelam, tubuh kita sudah diberi beban pemberat oleh si pemotret agar dengan mudah masuk ke dasar kolam. Saat tenggelam itu lah kita disuruh action beraneka gaya.

Ketika masuk ke dasar air, banyak pula orang yang tidak siap atau kuat untuk menahan nafas sehingga ia buru-buru untuk keluar lagi menghirup udara bebas. Di sini sering proses foto harus diulang beberapa kali. Namun banyak pula yang langsung berhasil dan memperoleh gambar foto yang memuaskan. Siapa mengira bisa berada di dasar air tanpa alat bantu selam sambil mengayuh becak……hehehehe. Belum lagi ada aneka ikan ikut berseliweran di sekitar kita. Indah sekali.

Si pemotret, memang akan memberikan tanda di saat tepat kita harus menyelam. Di saat yang sama ia juga menyebar makanan ikan di sekitar kita agar ikan yang ada banyak beredar disekeliling kita.  Luar biasa memang setelah melihat foto-foto yang jadi seperti yang ada di sini.

Apabila pengunjung ingin foto sendiri pun, tak masalah. Di sekitar tempat pemandian banyak sekali penjual pelastik kedap air untuk pengaman kamera poket atau handphone berkamera yang bisa tahan di dalam air. Pengelola juga menyediakan sewa pelampung hingga alat selam bila ada yang ingin menggunakannya.

Yang perlu diwaspadai bersama adalah menjaga anak-anak atau masyarakat yang kurang pandai berenang untuk harus didampingi.  Karena jernihnya air tawar ini, sering menggoda siapapun untuk langsung berenang. Padahal, kedalaman air lumayan harus diwaspadai, yakni maksimal tiga meter dan sangat dingin bagi yang belum terbiasa (abri).
Foto: abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer