Home » » Hubungan Indonesia Jerman

Hubungan Indonesia Jerman

Posted by INDONESIA MANDIRI on Agustus 26, 2015

Berlin (Indonesia Mandiri) - Tahun 1952, adalah tahun dimana hubungan Jerman–Indonesia dijalin secara resmi, dengan kata lain hubungan diplomatik dibentuk. Akan tetapi, hubungan antara Bangsa Jerman dan Bangsa Indonesia sudah ada sejak abad ke-19, saat sejumlah orang berkebangsaan Jerman migrasi ke Indonesia kala itu masih Hindia Belanda.
Hubungan bilateral kedua negara ini sangatlah penting, hal ini disebabkan dimana masing-masing negara memegang pengaruh geopolitik yang signifikan di wilayahnya masing-masing. Jerman yang dikenal sebagai kekuatan ekonomi terbesar di Uni Eropa, sementara Indonesia sebagai kekuatan ekonomi terbesar di ASEAN.
Jerman dan Indonesia merupakan anggota dari organisasi G-20, dimana Jerman memiliki Kedutaan Besar Jerman di Jakarta (Jl. Mh. Thamrin 1, Menteng, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310, Telp:(021) 39855000), dan Indonesia memiliki Kedutaan Besar Indonesia di Berlin (Lehrter Str. 16-17, 10557 Berlin, Republik Federal Jerman, Telp.: +49-30-47807-200, Fax   : +49-30-44737-142).
Raden Saleh, pelukis maestro asal Indonesia, menjadi salah satu simbol hubungan antara Indonesia dan Jerman, yang dianggap pionir seni lukis modern Indonesia, yang pernah puluhan tahun tinggal di Jerman pada abad ke-19. Raden Saleh juga dipengaruhi oleh seniman Romantik Jerman di Dresden, Saxonia. Franz-Xavier Augustin (Direktur Goethe Institute) menyakini, kiranya Raden Saleh adalah orang pertama yang benar-benar melakukan pertukaran budaya antara Indonesia dan Jerman. (SSM)

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala