Home » » Badan Informasi Geospasial Pererat Hubungan Dengan Pushidrosal

Badan Informasi Geospasial Pererat Hubungan Dengan Pushidrosal

Posted by Berita Indonesia Mandiri on Januari 12, 2022

Rombongan Kepala BIG melihat langsung berbagai satuan kerja Pushidrosal
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muh Aris Marfai  beserta jajarannya, kunjungi Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) di Jakarta (10/1).

Kedatangan rombongan Kepala BIG diterima langsung Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan, sebagai media silaturahmi antar kelembagaan serta  mempererat kerja sama antara kedua institusi yang selama ini telah terjalin baik. 

Dipaparkan Laksdya TNI Agung secara umum tentang tugas, peran dan fungsi Pushidrosal, baik sebagai Kotama Ops TNI dan Kotama Bin TNI AL. Serta sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, kiprah dan perannya mewakili Pemerintah Indonesia di kancah internasional bidang hidrografi,. Dan, cakupan produknya berupa peta laut, baik peta kertas dan elektronik serta publikasi nautika guna mendukung keselamatan pelayaran.

Ditekankan peran strategis Pushidrosal menopang kebijakan sektor maritim di Indonesia, seperti penyediaan peta laut untuk keselamatan navigasi pelayaran, penetapan batas maritim dengan negara tetangga, menunjang transportasi laut sebagai SLOC maupun SLOT, perikanan, pengembangan wisata bahari, mendukung operasi militer, pembangunan pelabuhan, mitigasi bencana alam, pembangunan sungai dan pesisir, serta mendukung pengelolaan sumber energi laut.

Sementara Kepala BIG menyebut, pihaknya berkeinginan untuk lebih meningkatkan kerja sama dengan Pushidrosal. Terlebih kedua institusi memiliki tugas pokok saling bersinggungan. 

Pushidrosal dan BIG selama ini telah beberapa kali mengadakan kerja sama pemetaan di masa lalu, diantaranya dalam survei DMRM dan MREP serta Survei Landas kontinen dan sebagainya.

Alutsista Pushidrosal KRI Spica juga didatangi rombongan BIG
Kepala BIG berharap, ke depan kedua institusi dapat mengadakan kolaborasi gelar survei Batimetri, pengembangan SDM, pertukaran data dan informasi geospasial kelautan, serta pengelolaan Pusat data dan informasi kelautan.

Rombongam BIG juga mengunjungi satuan kerja Pushidrosal, seperti Dinas Hidrografi, Pemetaan, Indonesian Hydrographic Data Center, Produksi dan Distribusi, serta KRI Spica-934 yang berada di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Berita Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »