Home » , » Menparekraf Dorong Event Olahraga Digalakkan Di Danau Toba

Menparekraf Dorong Event Olahraga Digalakkan Di Danau Toba

Posted by Indonesia Mandiri on Desember 31, 2020

Sandiaga Uno menikmati keindahan Danau Toba dengan perahu
Toba Samosir
 (IndonesiaMandiri) – "Selagi menunggu vaksin dan kesiapan sektor kesehatan, kita bisa bersiap menciptakan event-event untuk wisatawan nusantara. Event itu bisa berkaitan dengan sports tourism seperti olahraga air, ada juga olahraga endurance atau kekuatan tubuh seperti sepeda dan lari yang melibatkan masyarakat juga serta olahraga renang di perairan bebas," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno (30/11).

Potensi wisata yang ada di wilayah Destinasi Wisata Super Prioritas (DSP) Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut), jelas Sandiaga, sangat strategis bila dilengkapi dengan event yang terkaitn dengan wisata olahraga.

Dalam pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pelaku ekonomi kreatif, dan Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) di The Kaldera di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sandiaga menyebut DSP Danau Toba memiliki keindahan alam luar biasa indah. Sehingga, event yang berkaitan dengan wisata olahraga dapat menjadi pilihan tepat untuk menggaet wisatawan nusantara sebagai upaya membangkitkan kembali sektor parekraf di Danau Toba.

"Saya titip kepada para bupati yang hadir di sini untuk kita sama-sama berkolaborasi dan bersinergi menghadirkan suatu destinasi super prioritas yang siap setelah pandemi ini untuk jadi ikon pariwisata baru Indonesia yang berbasis alam dan budaya," terangnya. Sandiaga sangat terkesan dengan kearifan lokal di sekitar Danau Toba. Pihaknya sudah menerjunkan tim untuk mengkurasi 17 subsektor ekonomi kreatif ini.

“Kalau makanan, saya sudah coba ombus-ombus, mie gomak di Parapat saya coba. Saya dijanjikan oleh Bupati Simalungun, Pak JR Saragih ada beberapa kuliner unggulan. Dari segi busana juga akan dipilih busana unggulan, dari segi kerajinan tangan maupun sampai animasi, film, dan musik kita akan dorong juga nanti akan ada festivalnya. Kita akan dorong e-sport juga karena gaming ini sedang berkembang jadi ekonomi kreatif yang juga akan kita bangkitkan," ungkap Sandiaga (ag/ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Defense Equipment