Home » » Panen Raya Di Perbatasan Papua, Karya Nyata TNI Bersama Rakyat

Panen Raya Di Perbatasan Papua, Karya Nyata TNI Bersama Rakyat

Posted by Indonesia Mandiri on Oktober 30, 2020

Di tengah pandemi, hasil panen sangat penting untuk ketahanan pangan warga setempat

Jayapura
 (IndonesiaMandiri) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui satuannya di seluruh wilayah Indonesia, disamping menjaga stabilitas keamanan, juga mendukung program pemerintah, salah satunya ketahanan pangan. Program ketahanan pangan merupakan arahan langsung Presiden, terlebih di saat negara sedang dalam tekanan wabah Covid-19. 

Panglima TNI juga sudah menegaskan kepada seluruh prajurit agar terjun langsung bersama masyarakat dan tetap produktif melaksanakan program ketahanan pangan di tengah pandemi, seperti disampaikan Kepala Penerangan/Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa di Jakarta, (30/10).

Baru-baru ini, di Jayapura, Papua, hasil kerja nyata Korem 172/PWY beserta jajarannya bersama warga setempat memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam, dan kini sudah bisa dipetik hasilnya. Panen Raya ini berada di Kampung Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua. Hasil panennya, langsung dibagikan ke warga sekitar dan masih tersisa banyak untuk disimpan sebagai cadangan.

Program ketahanan pangan tersebut merupakan hasil kerja Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro selama kurang lebih 3 bulan dimasa penugasan, dengan memanfaatkan lahan yang belum dimanfaatkan dengan baik. Lahan subur yang luas dengan potensi alam dan curah hujan yang dimiliki Papua, memungkinkan pengembangan agro bisnis khususnya bidang pertanian dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto menambahkan, “luas lahan yang kita gunakan sekitar satu Hektar milik warga Kampung Skouw Mabo atas nama Bapak Agus Balora. Adapun jenis tanaman yang terdapat pada lahan tersebut diantaranya Semangka, Melon, Jagung dan Singkong" (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala