Home » » Proyek Benoa Maritime Tourism Hub Bakal Perkuat Pariwisata Bali

Proyek Benoa Maritime Tourism Hub Bakal Perkuat Pariwisata Bali

Posted by INDONESIA MANDIRI on Sabtu, 15 Februari 2020

Pengembangan Benoa Maritime Tourism Hub bakal memacu daya tarik wisata Bali
Bali (IndonesiaMandiri) - Pembangunan proyek Benoa Maritime Tourism Hub yang akan menghadirkan fasilitas dan infrastruktur terintegrasi di Pelabuhan Benoa diharap kian perkuat sektor pariwisata Bali secara keseluruhan. Gubernur Bali, I Wayan Koster, pada Rakor Rencana Pengembangan Benoa Maritime Tourism Hub di Hotel Inaya Putri Bali (14/2) menyebut, pihaknya akan menggandeng sejumlah stakeholder untuk membangun Benoa Maritime Tourism Hub.

"Kami menggandeng sejumlah pihak seperti Kemenparekraf, Kementerian BUMN, BKPM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang serta Pelindo untuk membangun Benoa Maritime Tourism Hub," ucap Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Menurut Gubernur Bali, pihaknya telah menggandeng sejumlah pihak untuk mendukung hal tersebut. Sebut saja ketersediaan fasilitas bandara, jalan tol, serta pelabuhan yang tersedia sehingga kegiatan perekonomian terutama pariwisata di Bali berjalan dengan lebih baik. “Khusus untuk infrastruktur yang terhubung dengan laut, selayaknya Bali memiliki fasilitas pelabuhan yang memungkinkan kapal besar seperti yacht dan cruise untuk bersandar. Hal ini akan terus didorong agar cepat terlaksana sehingga laju pengembangan pariwisata semakin cepat," jelasnya.

Kondisi pariwisata Bali saat ini menghadapi berbagai tantangan maka untuk meminimalisasi dampak negatifnya, pengelolaan pariwisata Bali harus terus diperbaiki sehingga meningkat kualitasnya, salah satunya melalui pengelolaan infrastruktur sebagai pendukung utama.

Lintas kementerian/lembaga ikut mendukung pariwisata Bali agar tetap mempesona
"Daya tarik pariwisata Bali sangat kuat. Saat ini, sumbangan pariwisata terhadap PDB Bali mencapai 55 persen. Selain itu, Bali juga menjadi salah satu pintu utama masuknya wisman ke Indonesia sebanyak 39 persen. Maka, kita perlu mendukungnya dengan ketersediaan infrastruktur yang terbilang mendesak," ungkap Wayan.

Sementara Kemenparekraf bersama Kementerian BUMN dan Pelindo mendorong segera terwujudnya Benoa Maritime Tourism Hub. “Kami bekerja sama dengan Pelindo dalam mengatur tata ruang yang ada di pelabuhan dengan memisahkan lokasi pelabuhan sesuai kebutuhan dan membaginya menjadi lokasi kapal pesiar, lokasi peti kemas, terminal curah cair, dan lain-lain. Selain itu, fasilitas pelabuhan juga terus diperbaiki sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan," ujar Menteri BUMN, Erick Tohir.

Mengenai pembangunan Benoa Maritime Tourism Hub, Menparekraf berharap keberadaannya juga mendorong sektor ekonomi kreatif semakin berkembang di Bali. Sementara Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada sejumlah BUMN dan kementerian/lembaga yang turut mendukung rencana pengembangan kawasan Pelabuhan Benoa, melalui perjanjian kerja sama yang telah disepakati (ma/ay).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala