Home » » Nusatic 2019, Dorong Indonesia Sebagai Pengekspor Ikan Hias Di Dunia

Nusatic 2019, Dorong Indonesia Sebagai Pengekspor Ikan Hias Di Dunia

Posted by INDONESIA MANDIRI on Sabtu, 30 November 2019

Pameran Nusatic 2019 dihadiri banyak pecinta ikan hias dari seluruh dunia
Banten (IndonesiaMandiri) - “Kita akan teliti kembali semua regulasi, kita akan sederhanakan sesuai dengan janji Presiden Jokowi agar jangan ada regulasi yang tumpang tindih. Kami akan kendalikan sesuai tugas pokok dan fungsi yang ada di Kemenko," ucap Suparman Sirait, Asisten Deputi Sumber Daya Hayati Kemenko Kemaritiman dan Investasi saat diwawancarai media usai membuka Pameran Ikan Hias terbesar di dunia, Nusatic 2019 bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, di Tangerang, Banten (30/10).

Suparman menjelaskan, salah satu target Nusatic 2019 mendorong ekspor ikan hias. Dan di 2020, ekspor ikan akan mampu menyumbang 6,1 miliar USD, dimana 6 hingga 10 persen adalah kontribusi dari ikan hias. “Potensi itu kita berharap dapat menyumbang lebih besar lagi, kita punya sekitar 1235 jenis ikan hias, tidak sampai 10 persennya saja sudah terbesar di dunia," ujarnya.


Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan apresiasinya atas terselenggaranya pameran ikan hias ini dan berharap Nusatic 2019 bisa menjadi sarana komunikasi antara masyarakat dan pemerintah. “Ini luar biasa dan dapat menciptakan ekonomi-ekonomi baru. Jangan ragu memberikan masukan kepada kami di pemerintah. Ini adalah tugas kami untuk membangun komunikasi yang komprehensif, semoga gelaran ini tidak hanya disini tetapi bisa di daerah lain di Indonesia," pujinya.


Terkait regulasi, Edhy Prabowo menyebut pihaknya juga akan menyederhanakan berbagai aturan. “Kedepannya akan kami permudah, seperti kargo pengangkutan ikan hias antar pulau, kita belum bicara ekspor disini. Kedepan KKP akan menyelesaikan segera permasalahan-permasalahan yang ada," tegasnya.


Nusatic 2019 menghadirkan beberapa komunitas ikan hias di seluruh Indonesia.

Event ini juga ada berbagai seminar dan transfer knowledge mengenai cara memelihara ikan hias dengan baik, dan mencetak varietas baru. Selain itu, Nusatic 2019 ini pun didukung Trubus Group dalam memamerkan tanaman hias dan produk agroliving yang inovatif, organic dan menarik (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri