Home » » Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross Bertemu Menko Luhut

Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross Bertemu Menko Luhut

Posted by INDONESIA MANDIRI on Kamis, 07 November 2019

Menko Maritim dan Investasi  Luhut Panjaitan bersama Mendag AS Wilbur Ross
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menerima kunjungan Menteri Perdagangan Amerika Serikat/AS Willbur Louis Ross, di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi di Jakarta (6/11).

“Pertemuan dengan Mendag AS saya kira berlangsung hangat dan sangat baik, kita banyak tertawa akan tetapi untuk substansinya tercover sangat baik. Dan dia juga memberikan apresiasi terhadap pemerintahan sekarang dan begitu cepat kami untuk memberikan respon terhadap beberapa keluhannya,” ucap Luhut.

Perusahaan mobil listrik asal AS, Tesla, juga berminat ingin kerjasama dengan Indonesia yang sedang giat untuk pengadaan mobil listrik. “Tadi kita sampaikan, Tesla bersama dengan Volkswagen, Mercedes dan BMW untuk investasi dalam bidang baterai lithium di sini. Saya minta jangan melihat China, jangan melihat AS karena sekarang dunia sudah mulai terintegrasi. Tesla saja datang ke China untuk membeli bahan untuk produksi Baterai Lithium di AS, sedangkan bahan baku baterai produksi yang dilahirkan di China itu mengambil dari Indonesia. Jadi saya bilang sama Tesla kenapa kalian tidak sama-sama investasi di kita. Presiden pun meminta untuk integrated industries,” jelas Luhut.

Igrated industries menurut Presiden Joko Widodo, adalah agar semua industri-industri besar di Indonesia dapat terkoneksi untuk menghasilkan produk turunan bernilai jual tinggi. “Misalnya produksi Freeport, mereka smelting lalu asam sulfatnya bisa digunakan di Morowali sehingga membuat turunan-turunan dari itu semua berkembang di Indonesia. Jadi dengan Morowali dan Weda Bay, kita sesungguhnya sudah mulai masuk dalam supply chain global. Kita akan secara bertahap mengurangi ekspor raw material. kita akan lihat bagaimana diproses di dalam negeri, tentu dengan investasi yang terbuka kepada seluruh foreign direct investment,” harapnya (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri