Industri usaha meeting, incentive, convention dan exhibition di Indonesia tumbuh positif Singapura ( IndonesiaMandiri ) - Indonesia me...
Industri usaha meeting, incentive, convention dan exhibition di Indonesia tumbuh positif |
Singapura (IndonesiaMandiri) - Indonesia mempromosikan tujuh destinasi wisata untuk Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) meliputi Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Lombok dalam ajang ITB Asia 2019 di Marina Bay Sands, Singapura (16-18/10).
Ketua Tim Percepatan MICE Kementerian Pariwisata Hosea Andreas Runkat jelaskan pemilihan tujuh destinasi tersebut mempertimbangkan keterkaitan dengan program pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.
“Jakarta misalnya, Industri MICE-nya juga bisa menjangkau Kepulauan Seribu dan Tanjung Lesung. Medan juga sama. Destinasinya bisa menjangkau Danau Toba. Sementara Lombok punya Mandalika, Yogyakarta dekat dengan Borobudur, serta Surabaya bisa menjangkau Bromo, Tengger, Semeru,” ujar Hosea.
Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani juga mengatakan, MICE merupakan salah satu sektor industri pariwisata paling menjanjikan. Pemasukan yang didapat pun terbilang besar tercatat dari Data International Congress & Convention Association (ICCA), rata-rata tinggal wisman MICE di Indonesia 5 malam dengan pengeluaran lebih dari 200 dolar AS perorang perhari. “Sementara angka pengeluarannya tujuh kali lipat dari wisatawan biasa,” jelasnya.
Apalagi Indonesia pernah menjadi tuan rumah IMF-World Bank Annual Meeting pada Oktober 2018. “Silakan datang dan menggelar event besar di Indonesia. Setelah Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition, tamu bisa sekalian berwisata di destinasi kelas dunia," ajak Rizki (pn/ma).