Home » » Kodam XVII/Cendrawasih Dukung Pemuda Asal Papua Jadi Delegasi Di PBB

Kodam XVII/Cendrawasih Dukung Pemuda Asal Papua Jadi Delegasi Di PBB

Steve Mara (paling kiri) pemuda asal Papua di Forum Perserikatan Bangsa-Bangsa
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN) adalah Simulasi Konferensi Internasional yang dilaksanakan di negara pilihan. Konfrensi ini hadirkan Pemuda dari seluruh penjuru dunia yang tertarik membahas isu internasional dan mencari resolusi secara bersama. AYIMUN digelar di Putrajaya, Malaysia pada 25 - 28 Agustus lalu diikuti lebih dari 1.500 peserta dari puluhan negara di dunia.

Dari Indonesia yang hadir di Forum AYIMUN adalah Pemuda asal Papua Steve Rick Elson Mara, yang saat ini sedang kuliah S2 di Program Studi Damai dan Resolusi Konflik, Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan Indonesia, Sentul-Bogor. Kehadiran Steve didukung Kodam XVII/Cendrawasih yang menilai potensi Steve Mara sebagai sosok Pemimpin di Indonesia masa depan. 


Pada AYIMUN 2019, Steve bergabung di United Nation Development Program (UNDP) dengan negara alokasinya adalah Republik Rwanda. "Saya bangga bisa menjadi bagian dari Konfrensi Internasional ini, ini merupakan Model United Nation kedua yang saya ikuti setelah pertama dulu ikut di Tangerang yaitu Model United Nation Climate Change Conference,” ucap Steve Mara.


Steve yang juga menjabat sebagai Ketua Pemuda LIRA Provinsj Papua mengatakan, “saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, Khususnya kepada Kodam XVII/Cendrawasih yang mendukung akomodasi selama kegiatan di Malaysia. Saya berharap Kodam XVII/Cenderawasih juga dapat terus melakukan pembinaan karakter kepada Pemuda Papua untuk menjadi Pemimpin di Indonesia, Khusunya di Indonesia bagian timur ini".


Steve juga menambahkan, “bangga lahir sebagai orang Papua. Tapi Saya jauh lebih bangga sebagai orang Indonesia. Karena bila Saya hanya orang Papua Saya sangat kerdil dan termarjinalkan. Tapi bila Saya orang Indonesia maka Saya sangat kaya, Saya punya Jawa, punya Sumatra, punya Kalimantan, punya Sulawesi dan sebagainya dari Sabang sampai Merouke dengan segala keberagamannya (ma).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer