Home » » Kodim 0415/Bth Ajak Warga Desa Ladang Peris Cintai Permainan Tradisional

Kodim 0415/Bth Ajak Warga Desa Ladang Peris Cintai Permainan Tradisional

Posted by INDONESIA MANDIRI on Kamis, 01 Agustus 2019

Prajurit TNI ajak masyarakat lestarikan permainan tradisional
Batanghari/Jambi (IndonesiaMandiri) - Prajurit TNI dari Kodim 0415/Bth yang sedang jalankan program TNI Manunggal Masuk Desa/TMMD di Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi, ajak masyarakat setempat agar lestarikan budaya setempat, seperti permainan trdisionall. Komandan Kodim (Dandim) 0415/Bth, Letkol Inf Widi Rahman di sela meninjau kegiatan program fisik dan non fisik TMMD ke-105 menyebui, jenis permainan tradisional yang hampir pudar karena tergerus zaman, agar secepatnya digelorakan kembali terutama bagi anak-anak.
Dengan semangat Satgas TMMD ke-105, bisa membangkitkan permainan tradisonal itu kembali. “Keberadaan Satgas TMMD ke-105 Kodim 0415/Bth memberikan warna baru dalam kehidupan anak-anak,” ujarnya. Letkol Inf Widi Rahman juga menyebut, personel Satgas akan menyempatkan waktu mengajarkan permainan tradisional yang sudah mulai pudar bahkan dilupakan karena tergerus dengan perkembangan teknologi. “Satgas melakukan upaya mengenalkan kembali permainan tradisional kepada masyarakat dalam berbagai jenis kegiatan untuk mengenalkan kembali permainan tradisional kepada masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, permainan tradisional bisa mengajarkan kebersamaan, disiplin, dan toleransi. “Permainan tradisional bisa ditetapkan sebagai kurikulum dalam muatan lokal, kepada masing-masing sekolah atau satuan pendidikan di daerah,” harapnya.

“Kita bisa lihat sekarang ini sudah pudar, contohnya permainan engklek, lompat karet, dan lain-lain. Intinya, permainan tradisional yang membangkitkan jiwa kebersamaan itu sudah dilupakan. Oleh sebab itu, warga masyarakat untuk kembali menggelorakan budaya dan adat ketimuran, masyarakat yang penuh kepedulian antar sesama, jiwa gotong royongnya yang dibangkitkan,” jelasnya (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri