Home » » Bakamla RI Tangkap Satu Kapal Timah dan Empat Kapal Bawa BBM Ilegal

Bakamla RI Tangkap Satu Kapal Timah dan Empat Kapal Bawa BBM Ilegal

Posted by INDONESIA MANDIRI on Selasa, 20 Agustus 2019

Salah satu kapal yang diamankan Bakamla RI Di Perairan Babel
Bangka Belitung (IndonesiaMandiri) - Operasi Khusus Bakamla RI dengan Kapal Patroli KN Bintang Laut-401 berhasil mengamankan satu Kapal Timah diduga melakukan kegiatan isap pasir timah tanpa dilengkapi dokumen kapal dan empat kapal lainnya diduga angkut BBM ilegal di Perairan Bangka Belitung/Babel 19/8).


Saat diperiksa, Kapal Isap Pasir (KIP) sebelumya melakukan pengisian solar industri High Speed Diesel (HSD) dari kapal Self Propeller Oil Barge (SPOB), sementara dokumen SPOB dan muatan minyak lengkap tetapi dokumen KIP tak lengkap. Dari informasi masyarakat tentang aktivitas peredaran BBM ilegal di perairan Babel, Tim Opsus Bakamla RI didukung KN Bintang Laut-401 dikomandani Mayor Bakamla Margono gencar operasi di wilayah Babel. Dan hasilnya, dapati dua kapal SPOB dan dua kapal Motor Tanker (MT).



Sementara dari hasil pemeriksaan awal, kapal SPOB (T9) atas pengakuan nakhodanya peroleh minyak sebanyak 300 ton dari kapal tanker di Palembang tanpa dokumen sah. Minyak kemudian dijual ke kapal KIP dan saat ini sisa minyak sebanyak 70 ton. Sedangkan mengangkut minyak ilegal yaitu minyak CONG (minyak olahan masyarakat) dari pelabuhan tikus di Kubangan Jambi. Sisa muatan di kapal sebanyak 130 ton minyak.



Operasi khusus lainnya sasar penyelidikan dan pencarian dengan mendekati satu persatu kapal, akhirnya kapal target ditemukan. Saat diperiksa didapati kapal MT (BA) mengangkut minyak CONG sebanyak 20 ton tanpa dokumen. Lalu kapal MT (AD15) mengangkut 350 ton minyak berasal dari olahan masyarakat dari Kubangan Jambi. Seluruh kapal hasil operasi dibawa ke Belinyu Bangka guna pendalaman dan penyidikan lebih lanjut (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri