Home » » Larantuka Kini Miliki Peta Perairan Terbarunya Dari Pushidrosal

Larantuka Kini Miliki Peta Perairan Terbarunya Dari Pushidrosal

Pesona perairan Flores Timur/Larantuka yang banyak dikunjungi wisatawan
Larantuka/Florea Timur (IndonesiaMandiri) - Larantuka, ibukota dari Kabupaten Flores Timur di Provinsi Nusa Tenggara Timur/NTT, merupakan kota Pelabuhan yang di bawah kaki gunung Mandiri dan merupakan salah satu lokasi pelabuhan teramai di NTT. Kota dengan julukan kota Bunda Maria atau Reinha Rosari ini merupakan kota di pesisir yang diapit oleh dua pulau yakni Pulau Adonara dan Pulau Solor. Setiap perayaan Paskah, Larantuka dibanjiri wisatawan dalam dan luar negeri guna menyaksikan upacara religi Semana Santa yang telah berlangsung lebih dari seabad lalu.

Karena ramainya denyut nadi di perairannya, maka perlu senantiasa diperbarui peta keselamatan pelayarannya, sekaligus guna mendukung Tol Laut dan konektivitas antar pulau disana. Inilah yang dilalukam Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dengan survei dan pemetaan hidro-oseanografi di perairan Larantuka-NTT, untuk perbarui data Alur Pelabuhan dan Perairan Pelabuhan Larantuka serta Publikasi Nautika perairan tersebut.

“Survei ini dilaksanakan guna mendukung Tol Laut dan konektivitas antar pulau di wilayah Timur Indonesia Khususnya di Perairan Larantuka dengan pelabuhan lainnya, untuk mengurangi disparitas harga barang antar Provinsi dan antar Pulau serta menjamin keselamatan navigasi dan keamanan pelayaran di perairan tersebut,” jelas Kapushidrosal Laksda Harjo Susmoro (30/06).

Pelabuhan Larantuka terpetakan dalam Peta Laut Indonesia (PLI) Nomor 301 berdasarkan sumber data survei dilaksanakan hidrografi Belanda pada 1908-1909. Sehingga sudah terjadi banyak perubahan kedalaman di perairan dan morfologi pantai sehingga memerlukan pemutakhiran data survei Hidro-Oseanografi. Sehingga Pushidrosal menggelar Operasi “Kerta wardana 04-2019” dibawah pimpinan Komandan Unit Survei -7 Mayor Laut (P) A. Agus Sutomo dengan Operasi Kerta wardana 04-2019, meliputi akuisisi, pengumpulan, pengolahan dan penyajian data Hidro-oseanografi di perairan Larantuka, Flores Timur (ma).

Foto: abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer