Home » » Indonesia Bisa Ambil Manfaat Ekonomi Dalam Mitigasi Perubahan Iklim

Indonesia Bisa Ambil Manfaat Ekonomi Dalam Mitigasi Perubahan Iklim

Posted by INDONESIA MANDIRI on Jumat, 12 Juli 2019

Indonesia miliki peran strategis dalam mitigasi perubahan iklim global
Manila (IndonesiaMandiri) - Dalam pertemuan Experts Meeting United Nations Framework Convention on Climate Change/UNFCCC di gedung Asian Devlopment Bank (ADB), Manila pada 11-12 Juli, terungkap di studi International Institute for Applied Systems Anaysis (IIASA) rata-rata investasi per tahun dibutuhkan bagi mitigasi perubahan iklim hingga 820 miliar US dollar pada periode 2010-2050, dan sebagian besar di wilayah Asia.

Nah, “Indonesia perlu mengambil peluang untuk raih manfaat ekonomi bersamaan dengan upaya mitigasi sesuai komitmen dalam Paris Agreement,” ucap Mahawan Karuniasa, dosen Ilmu Lingkungan yang menjadi salah satu nara sumber dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan yang digagas Standing Committee on Finance (SCF), salah satu badan di bawah UNFCCC, ditujukan menentukan kebutuhan finansial negara berkembang untuk.memenuhi komitmen Perjanjian Paris. Melihat portofolio investasi global terkait perubahan iklim, Indonesia perlu fokus pada peningkatan investasi dalam bidang efisiensi energi dan energi terbarukan. Pengembangan ekosistem industri untuk keperluan tersebut serta pembangunan sumber daya manusianya menjadi kunci keberhasilan.

Di sektor energi berbasis fosil akan terjadi disinvestasi, sedangkan dibandingkan baseline, investasi untuk mitigasi akan meningkat pada bidang efisiensi energi dan energi terbarukan. “Jika dimanfaatkan dengan baik, tentu akan mendorong perekonomian nasional dan tetap sejalan dengan kebijakan Pembangunan Nasional Rendah Karbon,” jelas Mahawan (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri