Home » » Pesan Hari Lingkungan Hidup: Pelihara Lingkungan Sehat Bagian Dari Ibadah

Pesan Hari Lingkungan Hidup: Pelihara Lingkungan Sehat Bagian Dari Ibadah

Hadirnya moda transportasi baru seperti MRT, Busway bisa kurangi polusi udara
Jakarta (IndonesiaMandiri)- Hari Lingkungan Hidup Dunia tahun ini yang jatuh bersamaan dengan Hari Raya Ummat Islam saat Idul Fitri, menjadi momen penting untuk terus memelihara kualitas udara yang sehat bagi kehidupan manusia.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan/LHK Siti Nurbaya dalam pesannya mengatakan, dalam hal memelihara lingkungan hidup asri, “dapat menjadikan lambang perjuangan untuk memperbaiki lingkungan merupakan ibadah yang memiliki banyak tantangan dan hanya bisa dilakukan dengan memperkuat silaturohmi dan partipasi dari seluruh komponen masyarakat.”

Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia membawa pesan dari Organisasi Kesehatan Dunia/WHO tentang salah satu ancaman terbesar kesehatan manusia, yaitu polusi udara. Karena di seluruh dunia tercatat 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara berasal dari kendaraan bermotor, industri, pertanian dan pembakaran sampah. Tak heran tema hari lingkungan hidup 2019 bertema “Kendalikan Polusi Udara” (Beat Air Pollution). Di tanah air sendiri, kaitan tema nasional menjadi “Biru Langitku Hijau Bumiku.” 

Sejumlah daerah Indonesia berupaya keras menekan polusi udara dengan perbanyak taman kota, perbesar
trotoar untuk pejalan kaki, beri ruang bagi pengguna sepeda, dan lain-lain. Kehadiran kendaaan umum seperti Busway, Mass Rapid Transport/MRT, Light Rapid Transport/LRT, disamping kurangi polusi udara, juga mendorong dibikinnya ruang publik baru dengan konsep pembangunan taman, fasilitas stasiun yang asri, dan lain-lain. Itu semua diharapkan bisa mendorong masyarakat merubah perilaku masyarakat agar turut memelihara lingkungannya seperti tak membuang sampah sembarangan. Dan upaya merawat lingkungan adalah bagian dari ibadah (ma).


Foto: abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer