Mentan Amran Beri Bantuan Kemanusiaan Untuk Korban Banjir di Sulawesi Selatan

Mentan Amran saat beri langsung sejumlah bantuan ke masyarakat Sulsel
Makasar (IndonesiaMandiri) - Menteng Pertanian Amran Sulaiman serahkan bantuan kemanusiaan senilai Rp. 7 miliar bagi korban banjir di 7 Kabupeten Provinsi Sulawesi Selatan (15/6). Bantuan berupa alat mesin pertanian, bibit jagung, bahan pangan pokok, mie instan, air mineral dan susu yang dikemas sebanyak 47 truk diserahkan langsung.

Bantuan ini berasal dari APBN dan penggalangan bantuan diinisiasi oleh Kementerian Pertanian sebagai wujud kepedulian pemerintah. “Kami juga pernah merasakan bencana, waktu kecil rumah kami terbakar, bagaimana kami sangat bersyukur menerima hanya sebungkus mie..jadi penderitaqn rakyat yang terdampak banjir bisa kami rasakan,” ucap Amran. Kementerian Pertanian selalu berperan aktif dalam upaya penanggulangan bencana seperti yang lalu di Lombok, Palu maupun di Sulawesi Selatan/Sulsel).


Sementara itu Wakil Gubernur Sulsel Sudirman Sulaiman sampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah. “Perhatian Bapak Presiden Jokowi dan jajarannya sangat besar kepada masyarakat Sulsel dan ini sangat kami apresiasi. Bencana banjir ini telah menyebabkan sebagian lahan pertanian terendam, kita butuh sinergi bersama untuk atasi.bencana banjir, “ ucap Sudirman.


Bencana banjir di kabupaten Sulsel berdampak pada pertanian padi, jagung dan kedelai. Luas pertanaman padi terdampak meliputi 7 Kabupetan yaitu, kabupaten Soppeng (7 kecamatan) seluas 2.532 Ha, Kabupaten Wajo (9 kecamatan) seluas 6.656 Ha, kabupaten Sidrap meliputi ( 8 kecamatan) seluas 4.269 Ha. Kabupaten Pinrang (3 Kecamatan) seluas 600 Ha, kabupaten Enrekang ( 1 Kecamatan) seluas 205 H, kabupaten Bone seluas 33 Hektar dan kabupaten Luwu seluas 121,30. Total Luas tanaman jagung yang terdampak bencana alam banjir sebesar 2.003,60 ha meliputi, kabupaten Soppeng 1.421,60 ha dan kabupaten Wajo 582 ha. Untuk tanaman kedelai yang terdampak bencana banjir seluas 2 ha di kabupaten Soppeng (ma/hy).
Share:

Arsip