Home » » Garuda Indonesia Pelopori Paperless Airline Hadirkan Digital Navigation Chart

Garuda Indonesia Pelopori Paperless Airline Hadirkan Digital Navigation Chart

Awak pesawat Garuda Indonesia siap bertugas
Cengkareng (IndonesiaMandiri) - Maskapai nasional Garuda Indonesia resmi luncurkan inovasi terbaru dengan pelopori digitalisasi sistem layanan operasional penerbangan di Indonesia berupa transformasi digital navigation chart memakai aplikasi electronic flight bag (EFB) Jeppesen FliteDeck Pro hasil kerja sama dengan Jeppesen Sanderson, Inc, anak perusahaan dari Boeing.

Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt. Bambang Adisurya Angkasa mengatakan, “hadirya digital navigation chart tersebut merupakan upaya optimalisasi operasional navigasi di Garuda Indonesia sekaligus menjadi komitmen perusahaan mempelopori paperless airline dengan penerapan digital navigation chart dalam tata kelola operasional penerbangan” (19/6).

Adapun melalui penggunaan digital navigation chart ini diharapkan dapat memaksimalkan efisiensi biaya melalui proses bisnis yang lebih efektif dan efisien. Penggunaan digital navigation chart ini sekaligus mengurangi cost hingga 59% per tahun dari aspek biaya manual navigation chart melalui kerja sama kontrak yang baru termasuk gratis paket JeppFD. Metode ini juga berpotensi hemat biaya perawatan mesin pesawat. Inisiasi transformasi navigation chart sejalan dengan komitmen Perusahaan dalam melaksanakan program efisiensi berkelanjutan dengan mengoptimalkan perkembangan inovasi platform teknologi informasi yang dapat menekan biaya produksi Perusahaan.

Aplikasi digital ini akan menampilkan informasi detail mengenai enroute weather layer, in App NOTAM, real-time data, GPS-based positional awareness, vector-based terminal charts yang mampu mendorong kesadaran situasional para Pilot pada saat di dalam cockpit (ma).

Foto: abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer