Berita Indonesia Mandiri

Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara Meninggal Dunia

Berbagai prestasi Kemenpar pernah diraih bersama Alm. Ukus Kuswara
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Pariwisata Indonesia berduka dengan berpulangnya Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, tutup usia pukul 06.15 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto (6/5). Ukus wafat pada usia 59 tahun, atau tak sampai satu tahun lagi akan purna-tugas dari Kemenpar. Hampir setengah masa hidupnya diabdikan bagi kemajuan Pariwisata Indonesia. Ia mengawali karier di Kemenpar yang dulu bernama Departemen Pos dan Telekomunikasi sejak 1 Mei 1987 pangkat Penata Muda (III/a).


Menteri Pariwisata Arief Yahya saat menerima Jenazah di Gedung Sapta Pesona, Jakarta (6/5) mengaku mengenal Ukus secara pribadi sebagai seorang yang selalu murah senyum di setiap kesempatan dan ramah kepada siapa saja. Menpar bahkan pernah berjanji akan mengantarkan Ukus saat kelak nanti memasuki masa pensiunnya. “Saya berjanji kepada beliau akan mengantar sampai beliau pensiun nanti, dan sekarang janji saya terlaksana, saya benar-benar mengantar beliau hingga akhir hayatnya” ucap Arief Yahya.



Almarhum Ukus Kuswara diberangkatkan dari Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, menuju kampung halaman di Kuningan, Jawa Barat untuk diterima Bupati Kuningan, lalu disalatkan di Masjid Agung Kuningan sebelum kemudian dimakamkan. “Sepanjang saya memimpin Kemenpar, almarhum banyak berjasa khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan pegawai Kementerian Pariwisata, semoga Allah SWT menerima seluruh amal baik beliau”, kenang Menpar.



Semasa karirnya, Ukus terakhir menjabat l Sekretaris Kementerian sejak 2015 berhasil membawa Kemenpar yang dipimpin Arief Yahya menerima berbagai penghargaan. Salah satunya prestasi dalam Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di 2018 dengan predikat "Sangat Baik" dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (fm/pn).


Share:

Arsip