Home » » PELNI Prediksi Kenaikan Penumpang Angkutan Lebaran Sekitar 3,5%

PELNI Prediksi Kenaikan Penumpang Angkutan Lebaran Sekitar 3,5%

Posted by INDONESIA MANDIRI on Mei 17, 2019

Pelni siap layani masyarakat sediakan armada di angkutan lebaran
Jakarta (IndonesiaMandiri) - PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PELNI siap jalani misi angkutan lebaran dengan armada kapal lautnya selama selama sebulan sejak 21 Mei. PELNI menghimbau masyarakat untuk mengatur waktu bepergian sesuai ketersediaan tiket pada momen angkutan lebaran. Pada lebaran tahun ini PELNI menyiapkan 26 kapal trayek nusantara dengan 83 pelabuhan singgah melayani 1.239 ruas dengan total kapasitas angkut 33.608 pax atau seat per hari. PELNI juga melayani 46 kapal trayek perintis menyinggahi 305 pelabuhan, 4.620 ruas dengan kapasitas 13.961 pax per hari. 

KRuangana Kesekretariatan PELNI Yahya Kuncoro dalam jumpa pers di Jakarta mengatakan, prediksi kenaikan penumpang sebesar 3,5 % dibanding realisasi di 2018 dari 604.202 menjadi 625.599 pelanggan. “PELNI tidak menambah armada, namun akan menambah frekunsi di ruas-ruas prioritas di daerah kantong-kantong penumpang”, ucap Yahya Kuncoro didampingi Kepala Humas PELNI Idayu Adi Rahajeng di sela acara buka puasa bareng wartawan.




Pimpinan PELNI saat jumpa pers soal angkutan lebaran 2019
Ruas kantong-kantong penumpang meliputi 3 wilayah pelayanan. Wilayah Barat di antaranya ruas Batam-Belawan, Sampit-Semarang, Sampit-Surabaya, Kumai-Semarang, Kumai-Surabaya, Batam-Tanjung Priok. Di wilayah ini, PELNI akan mengoperasikan 6 frekuensi reguler, 21 frekuensi tambahan, totalnya menjadi 27 frekuansi. Wilayah Tengah terdiri rute Balikpapan-Surabaya, Makasar-Bima, Tarakan-Parepare, Nunukan-Parepare, Makasar-Labuan Bajo, Baubau-Makasar, Kupang-Lewoleba, Balikpapan-Makasar, Bontang-Awarange, Kupang-Makasar, Makasar-Maumere dan Ambon-Baubau. Disini PELNI mengoperasikan 32 frekuensi reguler, 15 frekuensi tambahan, totalnya ada 47 keberangkatan.



Wilayah Timur rute Ambon-Bandaneira, Manokwari-Sorong, Jayapura-Biak, Sorong-Manokwari, Manokwari-Biak, Ambon-Tual, dan Biak-Makowari. PELNI mengoperasikan 23 frekuensi reguler, 8 frekuensi tambahan, totalnya menjadi 31 frekuensi keberangkatan. “Dari 3 wilayah ada 61 frekuensi reguler, 44 frekuensi tambahan, totalnya 105 keberangkatan”, papar Yahya Kuncoro (ma).



Foto: abri

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala