Home » » Festival Teluk Tomini Hadirkan Beragam Fashion Carnival

Festival Teluk Tomini Hadirkan Beragam Fashion Carnival

Posted by INDONESIA MANDIRI on Minggu, 21 April 2019

Kabupaten Parigi Moutong jadi tuan rumah Festival Teluk Tomini
Tomini/Sulteng (IndonesiaMandiri) - Festival Teluk Tomini (FTT) yang sejak 2012 digelar Kabupaten Parigi Moutong terue bergulir setiap tahunnya. Bahkan di 2015, pernah menjadi perhelatan akbar berskala Internasional bertajuk “Sail Tomini”. Nah, di 2019 ini, FTT resmi dibuka di halaman kantor Bupati Sulawesi Tengah. Lewat tema “Parigi Moutong Truly Indonesia“ oleh Menteri Pariwisata diwakili Staf Khusus Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuti (19/4).

Esthy Reko Astuti didampingi Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah diwakili Staf Ahli Gubernur Norma Mardjanu, Bupati Parigi Moutong Samsurizal, Kadis Pariwisata Parigi Moutong, Zulfinachri Achmad serta beberapa lembaga terkait seperti Ketua TP PKK Kab. Parigi Moutong, Ketua DPRD Kab. Parigi Moutong, bersama-sama melakukan pemukulan alat musik Gimba sebagai tanda dibukanya FTT. “Saya sangat apresiasi kesinambungan festival ini, yang juga merupakan tindak lanjut dari event sebelumnya Sail Tomini dan terus digelar sampai sekarang”, ungkap Esthy Reko Astuti. 

Sulteng juga ingin menjadi kiblat festival carnival

Selanjutnya Esthy juga mengatakan untuk lebih meningkatkan dan mendorong perekonomian daerah, maka pemda perlu membuat even sejenis yang berkelas sebagai daya tarik wisatawan. Sebagai sebuah event, FTT sendiri mengalami kemajuan ditandai dengan berhasilnya masuk ke dalam 100 Calendar of Event (CoE) Kemenerian Pariwisata. “Ini patut diapresiasi, karena untuk dapat masuk ke dalam 100 CoE, FTT harus melalui kurasi oleh tim khusus dengan menilai 5C yakni creativity, communication, commercial, commitment dan consistency,” papar Esthy.

Pada seremoni pembukaan FTT 2019, sejumlah penari mementaskan "Tari Mokambu" sebagai tari selamat datang menyambut tamu tamu besar ke provinsi Sulawesi Tengah. Tarian ini bernuatan pesan untuk mendatangkan keselamatan dan rezeki bagi mereka yg berkunjung di tanah Kaili Parimo. FTT yang berlangsung pada 19-23 April ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik seperti Pemilihan Putra Putri Bahari, Fashion Carnival, Lomba Fotografi Objek Wisata, Festival Musik Tradisional, serta Festival Kuliner dan Pameran Kerajinan Rakyat. FTT juga bertujuan menjadikan Kabupaten Parigi Moutong sebagai daerah pelopor pelaksana Fashion Carnival di Provinsi Sulawesi Tengah (jh/ma).


Foto: Dok Kemenpar

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri