Home » » Pandeglang Terparah Dampak Tsunami Selat Sunda

Pandeglang Terparah Dampak Tsunami Selat Sunda

Posted by INDONESIA MANDIRI on Rabu, 26 Desember 2018

Presiden Jokowi kunjungi korban tsunami Selat Sunda

Pandeglang (IndonesiaMandiri) - Dari data yang dihimpun tim Tourism Crisis Center Kemenpar/TCC-Kemenpar hingga Senin (24/12) pada Kabupaten Pandeglang dan Bufferzone Tanjung Lesung, daerah terdampak parah adalah pemukiman dan wisata di Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang, dan Pantai Carita.

Mengenai aksesibilitas, bandara yg berada di Kawasan Tanjung Lesung dalam posisi aman untuk dilandasi helikopter. Sedangkan dermaga yg berada di Kawasan Tanjung Lesung mengalami kerusakan sehingga kapal tak bisa berlabuh. Jalur Merak - Bakauheni aman, namun di wilayah Labuan terdapat 350 kapal dan perahu nelayan yang rusak. “Untuk akses darat, jalan raya Serang Pandeglang sangat padat sedangkan jalan Anyer Pantai Carita sudah bisa dilalui,” kata Guntur Sakti sebagai Ketua Tim TCC.

Amenitas di Pandeglang cukup banyak terdampak pasca tsunami. Tercatat 69 hotel dan villa rusak serta 60 warung makan dan toko rusak. “Yang mengalami dampak kerusakan paling berat adalah homestay sepanjang jalan raya Tanjung Lesung ke arah Kecamatan Sumur,” lanjut Guntur Sakti.

Untuk Pos Kesehatan, berada di Pantai Carita, Pantai Panimbang, dan Kecamatan Sumur. Dan pos kesehatan di Puskesmas Panimbang diperkuat tim dokter internship dan Public Safety Center (PSC) 119 dari Dinkes Provinsi Banten.

Presiden Joko Widodo juga ke Pandeglang meninjau penanganan pasca tsunami di Selat Sunda, dengan melihat langsung beberapa lokasi seperti puskesmas, rumah sakit di Pandeglang serta tempar pyang jadi tempat pengungsian. Hingga Selasa (25/12), jumlah korban meninggal mencapai lebih dari 400 jiwa dan ribuan masyarakat mengungsi (ma/ay).

Foto: Dok. Kemenpar/Sekpres


Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala