Home » » Menteri Pariwisata Puji Balawista Bantu Evakuasi Wisatawan di Pandeglang

Menteri Pariwisata Puji Balawista Bantu Evakuasi Wisatawan di Pandeglang

Posted by INDONESIA MANDIRI on Sabtu, 29 Desember 2018

Menpar saat bertemu Ketua Balawista di Pandeglang

Pandeglang (IndonesiaMandiri) - Saat Menteri Pariwisata/Menpar Arief Yahya meninjau sejumlah titik destinasi wisata pasca tsunami Selat Sunda di Pandeglang, juga bertemu Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista).

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh Balawista, yang sudah membantu fase recovery pasca bencana. Semoga Allah membalas keikhlasan teman-teman dengan pahala yang terbaik,” ujar Menpar Arief ketika bertemu Ketua Umum Balawista Banten Ade Ervin.

Menurut Ervin, total terdapat 1.800 pengungsi yang terdampak langsung, kehilangan harta benda yang berhasil dievakuasi Balawista. “Pada hari pertama setelah kejadian, Balawista melakukan pencarian dan penyelamatan korban. Dihari ketiga hingga sekarang kami juga melakukan distribusi bantuan ke berbagai titik pengungsian,” papar Ervin di Pantai Pasir Putih, Pandegelang, Banten (27/12).

Personil Balawista yang berjumlah 200 orang itu, pada saat kejadian langsung sigap melakukan evakuasi di berbagai titik bencana, terutama di sepanjang Pantai Carita. “Pada malam itu kami melihat air laut pasang. Personil kami berhasil mengevakuasi hampir 1000 wisatawan,” ujarnya.

Balawista yang berinduk di bawah naungan Dinas Pariwisata Banten, berharap mendapat dukungan dari Kemenpar dalam bentuk pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM). “Paling tidak kami membutuhkan 1.200 SDM, Karena personil kami baru 200 orang. Sedangkan destinasi wisata di pantai carita ini sangat panjang,” harap Ervin (ay/ma).

Foto: Dok. Kemenpar

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala