Pushidrosal Hadiri Pertemuan Hidrografi Negara Asia Timur Di Malaysia


Putra Jaya/Malaysia (IndonesiaMandiri) - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mengikuti pertemuan rutin tiga tahunan konferensi East Asia Hydrographic Commission (EAHC) ke-13 di Putrajaya Malaysia, dipimpin langsung Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro, Dirpamkersamtas Kolonel Laut ( E) Yanuar Handwiono, Kadisnautika Kolonel Laut (P) Dyan Primana Sobarudin dan Kasubditkerjasama Letkol Laut (P) Oke Dwiyana (19/9).

Pertemuan EAHC Chair RADM Hanafiah bin Hassan dan dihadiri Sekretaris Jenderal IHO, Dr. Mathias Jones, yang salah satunya membahas pemilihan kepengurusan Vice dan Vice Chair baru untuk periode tiga tahun kedepan.

Disela acara tersebut, Pushidrosal sempatkan berdiskusi bilateral dengan
The United Kingdom Hydrographic Office (UKHO) pimpinan RADM Tim Lowe membahas beberapa hal yang menjadi perhatian dalam penyelenggaraan kerja sama bilateral. Kedua negara sepakat peningkatan capacity building tak hanya dalam aspek kursus hidrografi, tetapi juga kartografi guna untuk memompa kemampuan dan profesionalisme personil Pushidrosal.

Kapushidrosal Laksda Harjo Susmoro menekankan melalui kerja sama ini akan memudahkan serta memberikan jaminan keselamatan bernavigasi bagi kapal-kapal yang berlayar di alur pelayaran Indonesia. Ini merupakan salah satu bagian dari upaya Pushidrosal dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia melalui bidang hidrografi.

UKHO merupakan salah satu mitra strategis Pushidrosal dalam bidang peningkatan kemampuan survei dan pemetaan hidro-oseanografi serta pendistribusian Peta Laut Indonesia (paper chart) dan ENC (electronic nautical chart) melalui kerja sama bilateral. UKHO sebagai kantor hidrografi nasional Inggris telah menjalin hubungan kerjasama yang cukup panjang, khususnya dalam aspek kerjasama world wide distribution peta laut dan ENC (ab). Foto: Istimewa


Share:

Arsip