Home » » Peran Strategis Posal&Posmat TNI AL

Peran Strategis Posal&Posmat TNI AL

Posted by Indonesia Mandiri on Februari 10, 2017

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Peran dan keberadaan Pos TNI AL (Posal) dan Pos Pemgamat (Posmat) menjadi suatu bagian penting bagi TNI AL. Hal ini tampak ditegaskan kembali oleh Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut III Jakarta Kolonel Laut (P) Umar Arief, S.E, saat memberi pengarahan kepada Danposal dan Danposmat di Mako Lantamal III Jakarta Jl. Jalan Gunung Sahari No. 2 Jakarta Utara(09/02).

Menurut Wakil Komandan Lantamal III, tujuan dilaksanakan pembekalan ini  untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran, tugas dan fungsi serta meningkatkan kemampuan Posal/Posmat sebagai pengindera dini dan pengumpul data Intelijen Maritim, sehingga kedepannya diharapkan dapat memberikan informasi dengan lebih cepat dan tepat lagi. Selain  melaksanakan kegiatan Patroli Keamanan Laut Terbatas, Posal dan Posmat merupakan implementasi dari tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata gelar Pangkalan TNI Angkatan Laut. 

Posal mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi dan selanjutnya disampaikan ke satuan atas untuk dikaji dan dievaluasi sebagai data masukan untuk pengambilan keputusan, baik dalam tingkat taktis operasi maupun strategis. 

Oleh karenanya, fungsi Posal dan Posmat juga untuk antisipasi kerawanan adanya tindak kejahatan seperti penyelundupan Narkoba lewat laut, perdagangan manusia (human Trafficking) dan tindak kejahatan lainnya dengan tidak melupakan keselamatan dalam berlayar dan berpatroli di laut (randy).

foto: dispenlantamal III

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala