Home » » Pariwisata Sulsel Siap Berbenah Diri

Pariwisata Sulsel Siap Berbenah Diri

Makasar (IndonesiaMandiri) - Sulawesi Selatan dengan ibukota Makasar, banyak yang menjadikannya sebagai pintu gerbang untuk menjelajah wisata di kawasan Indonesia Timur. Tak heran, provinsi yang satu ini terus melakukan pembenahan. Salah satunya dengan mendirikan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel. Targetnya tidak lain, agar provinsi ini bisa menjadikannya target utama kedatangan wisatawan mancanegara dan nusantara.
"Kita ini negara besar dan kaya. Makanya jangan sampai kalah," ajak Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, saat melantik pengurus baru BPPD yang diketuai oleh Andi Januar Jaury Darwis (22/11).
Ajakan sang Gubernur memang sangat beralasan. Karena Sulsel bisa dikatakan komplit dalam hal promosi potensi wisatanya. Mulai wisata budaya, alam, olahraga, kuliner hingga buatan, semuanya sudah tersedia. Itu sebabnya, Syahrul ingin dengan adanya BPPD, Sulsel bisa lebih bergairah lagi memacu pertumbuhan kedatangan wisatawan, yang ujungnya berdampak pads kesejahteraan masyarakat setempat.
Saat ini, Sulsel sedang mengincar wisatawan asing asal Cina yang kian banyak mendatangi sejumlah tempat wisata di kota-kota Indonesia. "Kita harus bisa membaca dengan cepat, apa keinginan wisatawan asal Cina di Sulsel. Misalnya cinderamata apa yang harus disiapkan oleh para UMKM (usaha menengah kecil&mikro), berapa dana yang diperlukan. Ayo kita coba selesaikan. Ini semua harus dikerjakan dengan cepat," sambung Syahrul penuh semangat.
Kementerian Pariwisata memang belum memasukkan Provinsi Sulsel sebagai bagian dari sepuluh tujuan wisata unggulan nusantara. Tetapi, pintu untuk Sulsel sangat terbuka lebar di tahun berikutnya (2017). Logo Sulsel yang memakai kapal Phinisi saja misalmya, sebenarnya sudah melambangkan sesuatu yang mendunia. Karena kawasan Tanah Beru di Kabupaten Bulukumba (Sulsel), telah lebih dari satu abad dikenal dunia sebagai daerah pengrajin Kapal Kayu Layar. Dan pada 1986, kapal Layar tersebut dengan nama Phinisi Nusantara sudah menembus Samudera Pasifik hingga ke Kanada (abri)
Foto: abri

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer