Home » » Program Wasrik di Bakamla (Tengah) Manado

Program Wasrik di Bakamla (Tengah) Manado

Posted by INDONESIA MANDIRI on Juli 21, 2016

Manado (IndonesiaMandiri) – Kantor Badan Keamanan Laut atau dikenal dengan Bakamla untuk wilayah Tengah, Manado, mendapat kunjungan dari Inspektur Badan Keamanan Laut Brigadir Jenderal Polisi Drs. Djoko Subroto, S.H., M.M (19-20/7). Kunjungan tersebut terkait dengan upaya melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) kegiatan pengamanan dan keselamatan laut di wilayah kerja Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah yang berpusat di Manado. Untuk Indonesia Baratm kantor perwakilan Bakamla ada di Batam dan di Timur berada di Ambon.

Kunjungan tersebut diantaranya melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana gedung, sarana dan prasarana Alat Utama Sistem Keamanan Laut (Alutsiskamla) serta melihat aktivitas rutin jajaran petugas di Kantor Kamla Zona Maritim Tengah SPKKL Kema, dan SPKKL/GS Manembo-nembo, serta pengecekan langsung kapal patroli 4082 KN Singa Laut di Dermaga Umum Bitung.

Menurut Djoko Subroto, kunjungan ini dimaksudkan untuk memperbaiki kinerja, dari yang kurang baik untuk menjadi baik, dari yang sudah baik dipertahankan tetap menjadi baik, agar pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenang Bakamla sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 32/2014 tentang Kelautan. Dan yang tak kalah pentingnya, untuk tercapainya pengamanan dan keselamatan di laut sesuai harapan dalam RPJMN 2025 yang telah ditargetkan pemerintah.

Harapan Djoko Subroto, wasrik yang tengah dilaksanakan hasilnya berupa temuan atau rekomendasi kepada pimpinan Bakamla agar dalam pelaksanaan tugas, funsi, dan wewenang Bakamla selain terjadi Link And Match antara perencanaan dan pelaksanaan serta pelaporan, tetapi juga agar tidak terjadi penyimpangan etika  bagi pejabat  maupun personel pelaksana kegiatan.

Pada saat bersamaan, DJoko Subroto dan Tim Inspektorat melaksanakan pemeriksaan terhadap proses pembangunan Gedung Pangkalan Kapal dan Pembangunan Alutsiskamla yang tidak bergerak (GMDSS, Radar, VSAT Gyro, GPS) dan Alutsiskamla yang bergerak (kapal patroli 4804 KN Gajah Laut di dermaga Serei).

Tim Inspektorat di dermaga Serei melihat kelayakan kapal patroli 4804 KN Gajah Laut, Kelayakan kapal yang dimaksud meliputi seluruh peralatan pendukung di dalam kapal termasuk alat kenavigasian (abri).

Foto: Dok Bakamla Zona Tengah

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala