Membela KPK atau Membela POLRI?

Jakarta (Indonesia Mandiri) - Kedua pertanyaan tersebut di atas adalah pertanyaan yang salah. Mengapa? Yang harus kita bela adalah yang ben...

Jakarta (Indonesia Mandiri) - Kedua pertanyaan tersebut di atas adalah pertanyaan yang salah. Mengapa? Yang harus kita bela adalah yang benar, bukan lembaganya.

Samakan dulu persepsi kita, bahwa KPK adalah lembaga yang harus tetap ada, sementara POLRI memang sudah diatur dalam UUD 45. Bayangkan jika KPK tidak ada, dan Peringkat Korupsi Polri yang spektakuler di tingkat dunia, mau jadi apa Indonesia. (Ada yargon dari Komunitas KotaSehat; "Polisi Sehat, Kota-nya Pasti Sehat")

Kondisi seperti ini adalah kondisi yang menguntungkan bagi kita, yang berfikir bangsa ini sedang berubah ke arah yang benar, jadi siapapun yang bersalah ya bersalah.

Jangan kita membela KPK terlalu berlebihan, begitu juga kepda POLRI, karena ini adalah proses dimana masyarakat lebih didewasakan, kalau memang benar, bahwa ternyata orang-orang yang ada di KPK masih dapat berbuat "Korupsi." Sedagkan Polri, kita lihat saja sendiri di Peringkat Polisi terkorup di Dunia.

Mengapa jangan membela berlebihan? Karena pembelaan yang berlebihan tersebut, akan jadi komuditas yang dapat digunakan untuk tawar-menawar antar pelaku Korupsi yang berada di lembaga yang bersebrangan.

Kita harus berfikir, siapa yang memainkan kekuasaan "Power Tends to Corrupt". Kedua lembaga tersebut sebenarnya harus dapat dengan cepat menetapkan terdakwa dan memprosesnya. Bukan seperti sekarang, masih main ditataran mengancam. Tetapkan dan proses, nanti terlihat siapa yang benar dan siapa yang prematur.

Karena kalau tidak cepat-cepat ditetapkan, masyarakat akan menilai ada lobi-lobi dibalik prahara ini sendiri, hanya karena demi kepentingan. Di lain pihak, lembaga-lembaga terkait harus pula memberikan prioritas terhadap kasus ini.

Sekali lagi, kita harus tetap berpendirian bahwa KPK harus tetap ada, meskipun misalnya semua petingginya terkena kasus. Justru disini, kita harus memikirkan mekanisme pergantian yang cepat. Artinya, dari mulai layer pertama sampai jenjang Ketua, sudah harus mengikuti fit and proper test, Jadi kalau ada kejadian seperti ini, Presiden sudah dapat dengan mudah menetapkan siapa penggantinya.

Dengan mendukung yang benar, dan dengan sistem mekanisme penggantian Ketua KPK / Kapolri dalam situasi dan kondisi tertentu yang konfrehensif, maka tidak seorang pun di Indonesia ini yang akan tergelincir kembali ke situasi dan kondisi "Power Tends to Corrupt"

Sapto Satrio Mulyo

Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Membela KPK atau Membela POLRI?
Membela KPK atau Membela POLRI?
http://namadomain.web.id/wp-content/uploads/2015/02/lampu-pijar.png
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2015/02/membela-kpk-atau-membela-polri.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2015/02/membela-kpk-atau-membela-polri.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy