Pushidrosal Hadirkan Web-Portal Indonesian Hydrographic Data Center

Dalam perkembangan dunia serba digital, Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) mampu menghadirkan web portalnya dengan nama Indonesia Hydrograph

Digitalisasi peta laut Pushidrosal bisa digunakan untuk berbagai kegiatan di laut Indonesia
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Dalam perkembangan dunia serba digital, Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) mampu menghadirkan web portalnya dengan nama Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC). Kehadiran IHDC guna memberi kemudahan dan meningkatkan layanan pemakaian hidrospasial di Indonesia yang akurat dan mutakhir, sebagai bagian dari infrastruktur data spasial nasional serta mendukung program pemerintah tentang Kebijakan Satu Peta sesuai Peraturan Presiden No. 23/2021.

Untuk soalisasi IHDC, Pushidrosal mengundang stakeholder dari Kementerian dan Lembaga (K/L) terkait serta pengguna data spasial kelautan di Indonesia dalam dialog virtual acara sosialisasi web-portal Pushidrosal yaitu Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC) secara virtual, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Satu Abad Hari Hidrografi Dunia.

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan menyampaikan, platform portal IHDC menggunakan standar dan praktek terbaik yang telah direkomendasikan oleh IHO (International Hydrographic Organization) dan lembaga hidrografi di seluruh dunia yang memiliki interoperabilitas dengan platform data spasial pada umumnya, sehingga dapat mempermudah berbagi pakai data.

Jadi, IHC tak hanya mendukung kepentingan navigasi saja. Namun juga bagi kepentingan strategis dan dasar pertimbangan proses pengambilan keputusan pembangunan ekonomi dan perdagangan maritim, pengembangan ilptek kelautan, pertahanan, mitigasi bencana alam, perlindungan lingkungan laut serta mendukung diplomasi negara, terutama saat penetapan batas-batas maritim dengan negara tetangga.

Dalam sosialisasi ini, secara teknis penjelasan aplikasi Web-Portal Pushidrosal disampaikan Kapusdalops Pushidrosal Letkol Laut (P) Agus Sutrianto dan Staf Pusdalpos Mayor Laut (T) Andri Novianto serta dipandu oleh Kolonel Laut (E) Dr. Yanuar Handwiono, M.Sc. sebagai moderator.

Peserta diakusi dari luar negeri, seperti Head of Partnering in Asia Pacific United Kingdom Hydrographic Office (UKHO) Christopher Hunt dan Shigeru Nakabayashi dari Japan Hydrographic and Oceanographic Department (JHOD) sebagai Counterpart Pushidrosal, memuji terobosan dan prestasi Pushidrosal atas kehadiran IHDC sebagai implementasi dari Marine Spatial Data Infrastructure (MSDI).
Danpushidrosal *tengah) saat membuka sosialisasi portal IHDC
Wa-Asrena Kasal, Laksma TNI Yayan Sofyan juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pushidrosal yang dapat mengimbangi kompetensi global di era informasi digital. Adanya IHDC diharapkan dapat memberikan kontribusi tidak hanya di lingkup nasional tapi juga regional dan internasional.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, yang juga hadir menambahkan, IHDC merupakan inovasi yang akan sangat bermanfaat dan linier dengan sistem informasi sedang dikembangkan oleh BMKG yaitu Indonesian Weather Information for Shipping yang diharapkan dapat berkolaborasi dengan IHDC dalam rangka mendukung kepentingan keselamatan pelayaran.

Komandan Pushidrosal berpesan, para pengguna data hidrografi dari K/L terkait serta para mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi dipersilahkan untuk menggunakan media IHDC dalam memenuhi kebutuhan data dan informasi peta laut indonesia dengan produk digital yang adam seperti batimetri, ataupun layanan hidrospasial lainnya (ma).
Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Pushidrosal Hadirkan Web-Portal Indonesian Hydrographic Data Center
Pushidrosal Hadirkan Web-Portal Indonesian Hydrographic Data Center
Dalam perkembangan dunia serba digital, Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) mampu menghadirkan web portalnya dengan nama Indonesia Hydrograph
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlklLiZh1E872eNqHVZUXqaHfMyv6N3Rx0lYGIskA9ushmRvxw7MlZ9DTRdajHIY9Kh3hyphenhyphenj8BMzkN3eYkWVneKPFyRSm-rhlFz9rXU_bSStA0gx8PiK2-PnLpFCmBZA6bt3mupxKqW6QM/w400-h266/10+KRI+Sultan+Hasanuddin-366+Sukseskan+Steel+Storm+Exercise+2020.2.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlklLiZh1E872eNqHVZUXqaHfMyv6N3Rx0lYGIskA9ushmRvxw7MlZ9DTRdajHIY9Kh3hyphenhyphenj8BMzkN3eYkWVneKPFyRSm-rhlFz9rXU_bSStA0gx8PiK2-PnLpFCmBZA6bt3mupxKqW6QM/s72-w400-c-h266/10+KRI+Sultan+Hasanuddin-366+Sukseskan+Steel+Storm+Exercise+2020.2.png
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/07/pushidrodal-hadirkan-web-portal.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/07/pushidrodal-hadirkan-web-portal.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy