Ekonomi Sirkular, Upaya Manfaatkan Sampah Di Masa Pandemi

“Pandemi ini tidak hanya berdampak pada kesehatan dan ekonomi masyarakat. Tetapi juga memberikan masalah baru, khususnya dalam konteks sampah medis.

Sampah medis di masa pandemi menimbulkan masalah baru untuk ditangani
Jakarta (IndonesiaMandiri) – “Pandemi ini tidak hanya berdampak pada kesehatan dan ekonomi masyarakat. Tetapi juga memberikan masalah baru, khususnya dalam konteks sampah medis. Ini perlu menjadi concern kita bersama,” kata Deputi Bidang Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Nani Hendiarti.

Oleh karenanya, dalam menggairahkan ekonomi sirkular atau berkelanjutan di Indonesia dengan maksimal, Kemenko Marvesi turut berpartisipasi di the 4th Indonesia Circular Economic Forum 2021, diselenggarakan secara daring (21-23/7). .

Nani menjelaskan, berbagai inovasi terus dilakukan oleh Pemerintah demi menangani pandemi melalui penerapan ekonomi sirkular di antara masyarakat. Salah satunya mempercepat pembangunan pusat pengolahan sampah medis di beberapa daerah. “Sesuai dengan RPJMN yang ada, kami telah menargetkan pembangunan di enam provinsi pada tahun ini. Kami juga menargetkan 32 tempat pembakaran sampah khusus sampah medis yang diperkirakan akan selesai pada 2024,” imbuhnya.

Menurutnya, pemerintah harus bekerja ekstra dan berinovasi dengan cepat di tengah pandemi yang melanda walaupun dengan anggaran terbatas. “Tidak bisa lagi bekerja dengan sistem business as usual, kita harus berinovasi dan bersama-sama berkolaborasi menyelesaikan pandemi dari segala sektor, salah satunya terkait pencemaran lingkungan,” tegasnya.

Meningkatnya jumlah sampah plastik di laut menimbulkan berbagai dampak buruk bagi ekosistem laut, khususnya bagi Indonesia sebagai negara kepulauan. Untuk mencegah dan menanganinya, Pemerintah telah memiliki regulasi terkait penanganan sampah di laut dengan tujuan utama mengurangi hingga 70% sampah di laut hingga 2025.

“Peraturan Presiden No.83 tahun 2018 tentang Penanganan Sampah di Laut memberikan arahan strategis bagi seluruh lintas kementerian yang ada untuk ikut berkontribusi dan melakukan aksi nyata dalam mengurangi sampah plastik di laut,” papar Nani. Berbagai metode mulai dari perubahan sikap, penggunaan teknologi dan lainnya digencarkan oleh tiap Kementerian/Lembaga demi mewujudkan regulasi ini. 

Setelah dua tahun, Indonesia mampu mengurangi sampah plastik di laut hingga 15.3 persen, dimana penerapan prinsip ekonomi sirkular memberi peran penting dalam penanganan polusi sampah jangka panjang. “Kami telah berkolaborasi dengan NPAP (National Plastic Action Partnership) dan estimasi besaran investasi hingga 5.1 miliar US Dollar, termasuk biaya operasional tahunan hingga 1.1 miliar US Dollar. Ini salah satu bentuk strategis pemerintah mengurangi sampah plastik yang ada,” ungkap Nani.
Ekonomi sirkular bisa memanfaatkan sampah untuk mendukung investasi hijau
Terobosan penerapan teknologi sebagai bagian dari ekonomi sirkular juga digencarkan Pemerintah, seperti mengubah sampah plastik menjadi bahan dasar jalan raya. Surabaya menjadi salah satu kota besar yang juga telah mengolah sampah plastik menjadi sumber listrik hingga 11 Megawatt.

Asisten Deputi Pengelolaan Sampah dan Limbah Kemenko Marves Rofi Alhanif menambahkan, pandemi tak hanya memberi dampak pada kesehatan masyarakat. Kebiasaan baru seperti belanja online, memakai masker dan lainnya juga menimbulkan masalah baru, khususnya meningkatkan jumlah penggunaan plastik.

“Untuk itu Pemerintah perlu menciptakan solusi, seperti investasi hijau dan infrastruktur hijau yang berpegang teguh pada ekonomi sirkular,” harapnya. Berbagai solusi hijau dalam penanganan sampah, menurutnya Rofi, mampu menghidupkan perekonomian bangsa dan menjaga lingkungan secara bersamaan.
Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Ekonomi Sirkular, Upaya Manfaatkan Sampah Di Masa Pandemi
Ekonomi Sirkular, Upaya Manfaatkan Sampah Di Masa Pandemi
“Pandemi ini tidak hanya berdampak pada kesehatan dan ekonomi masyarakat. Tetapi juga memberikan masalah baru, khususnya dalam konteks sampah medis.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLhiT6X7R2zhJpuLC6-ENsAzp1oBOrqiP46iUzc7z2LckqEFtjTEiH_Ie3o0VChuM3wV8BTK-bn2zGur52vxYYfGlrfoX_diqv5AlzKFagj9nUybjnF0AYhbUpg33K9O9soQON53Uq2_o/w400-h266/bersih+sampah+laut.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLhiT6X7R2zhJpuLC6-ENsAzp1oBOrqiP46iUzc7z2LckqEFtjTEiH_Ie3o0VChuM3wV8BTK-bn2zGur52vxYYfGlrfoX_diqv5AlzKFagj9nUybjnF0AYhbUpg33K9O9soQON53Uq2_o/s72-w400-c-h266/bersih+sampah+laut.jpeg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/07/ekonomi-sirkular-upaya-manfaatkan.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/07/ekonomi-sirkular-upaya-manfaatkan.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy