Kolaborasi Pusat-Daerah Finalisasi Proyek Infrastruktur Jabar

Bandung/Jabar (IndonesiaMandiri) – "Saya berterima kasih kepada bapak-ibu dari Kemenko Perekonomian, Kemenko Marves, Setkab dan kementerian terkait la

Kawasan Rebana bakal jadi kota metropolitan unggulan Jawa Barat
Bandung/Jabar
 (IndonesiaMandiri) – "Saya berterima kasih kepada bapak-ibu dari Kemenko Perekonomian, Kemenko Marves, Setkab dan kementerian terkait lainnya yang telah bersinergi untuk melakukan percepatan penyusunan RPerpres pembangunan Kawasan Rebana dan Jabar bagian selatan secara simultan," ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi JawaBarat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja.

Setiawan secara daring menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang baik antara pihaknya dengan lintas kementerian/lembaga (K/L), terkait penyusunan Rancangan Peraturan Presiden (RPerpres) Kawasan Rebana (Cirebon-Subang-Majalengka) dan Jawa Barat bagian Selatan yang memasuki tahap akhir.

Pihak K/L yang terlibat dalam proyek ini adalah Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Sekretariat Kabinet (Setkab), Kemenko Perekonomian dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat. Proses finalisasi dibahas dalam usulan proyek infrastruktur yang akan dimasukkan dalam RPerpres Kawasan Rebana dan Jabar Bagian Selatan (4-5/6).

Kegiatan yang digelar secara daring dan luring di Bandung, Jabar, dihadiri Deputi Kemaritiman Sekretariat Kabinet (Setkab) Agustina Murbaningsih, Asisten Deputi (Asdep) Infrastruktur Pengembangan Wilayah Kemenko Marves Djoko Hartoyo, Asdep Penataan Ruang dan Pertanahan Kemenko Perekonomian Dodi Slamet Riyadi, Asdep Bidang Percepatan Infrastruktur, Pengembangan Wilayah, Deputi Perekonomian Setkab Danil Arif Iskandar dan Kepala Bappeda Jabar Ferry Sofwan Arif.

Asdep Djoko Hartoyo menekankan, pentingnya kolaborasi dan sinergi seluruh K/L dan Pemda terkait dalam penyusunan  RPerpres hingga akhirnya dapat disahkan oleh Presiden. "Saya harap tim penyusun lintas k/l yang sudah solid ini untuk terus bekerja sama  menyusun RPerpres hingga proses monitoring dan evaluasi, dengan melibatkan juga Kantor Staf Presiden," himbaunya.

Sementara Kepala Bappeda Jabar Ferry Sofwan Arif menambahkan, rakor ini selain pertajam rencana program yang dikategorikan sebagai prioritas 1 (P1),  juga untuk mempertegas pembagian tugas dan anggaran antara pusat dan daerah. "Ini penting agar setelah RPerpres disetujui dan ditandatangani oleh Presiden, maka pembagian tugas punya kekuatan dalam implementasinya," bebernya.

Sebagai informasi, pengembangan Kawasan Rebana dan Jawa Barat Bagian Selatan dilakukan untuk mengurangi tingkat disparitas antar wilayah di seluruh Jabar. Dalam Ratas  29 Maret 2021, Presiden Jokowi memberi arahan untuk memperhatikan pembangunan kawasan industri dan perkotaan baru yang bernama Rebana Metropolitan, terkoneksi dengan Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati.

Sekitar 88 proyek masuk dalam program di Kawasan Rebana dalam lampiran RPerpres. Rencana tersebut meliputi  Renaksi Pembangunan dan Peningkatan Infrastruktur Transportasi Jalan, Renaksi Pembangunan dan Peningkatan Infrastruktur Perhubungan, Renaksi Pembangunan dan Peningkatan Infrastruktur Dasar, Renaksi Pembangunan dan Peningkatan Infrastruktur Sumber Daya Air dan Renaksi Pengembangan Infrastruktur Lainnya.

Sementara itu, Renaksi untuk kawasan Jabar bagian selatan yang dimasukkan ke dalam lampiran RPerpres antara lain Renaksi Pengembangan Infrastruktur, Renaksi Pengembangan Sektor Agribisnis, Renaksi Pengembangan Sektor Kelautan dan Renaksi Pengembangan Sektor Pariwisata. Ada kurang lebih 78 program kegiatan yang dimasukkan dalam RPerpres.

Pengembangan proyek Rebana-Jabar Selatan akan disahkan Presiden
Rebana sendiri meliputi tujuh kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon dan kawasan pendukung meliputi Kota Cirebon  serta Kabupaten Kuningan. Sedangkan Jabar bagian selatan antara lain Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Pangandaran (ma).

الاسم

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
rtl
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Kolaborasi Pusat-Daerah Finalisasi Proyek Infrastruktur Jabar
Kolaborasi Pusat-Daerah Finalisasi Proyek Infrastruktur Jabar
Bandung/Jabar (IndonesiaMandiri) – "Saya berterima kasih kepada bapak-ibu dari Kemenko Perekonomian, Kemenko Marves, Setkab dan kementerian terkait la
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMGa670s6HSQwp-tNlv8VBCxkqpb2ZMVku7vfiMdBLRZOim6WW243sqZfaDgcJs8BwNyZPaBlmSfdm3hpyMCiXM9oe3GEgHL1p9nH198ODKbhkpbPFVPQdSBbgbdt9veNn8DTM2UrGS5I/w400-h266/rebana1.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMGa670s6HSQwp-tNlv8VBCxkqpb2ZMVku7vfiMdBLRZOim6WW243sqZfaDgcJs8BwNyZPaBlmSfdm3hpyMCiXM9oe3GEgHL1p9nH198ODKbhkpbPFVPQdSBbgbdt9veNn8DTM2UrGS5I/s72-w400-c-h266/rebana1.jpeg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/06/kolaborasi-pusat-daerah-finalisasi.html?hl=ar
https://www.indonesiamandiri.web.id/?hl=ar
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/06/kolaborasi-pusat-daerah-finalisasi.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy