Home » » Koramil 08/Johar Baru Ajak Warga Hadirkan “Kampung Pancasila”

Koramil 08/Johar Baru Ajak Warga Hadirkan “Kampung Pancasila”

Posted by Indonesia Mandiri on Mei 29, 2021

Kampung Pancasila sebagai bahan pembelajaran masyarakat untuk saling menolong
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Di tengah kesibukannya, personil Komandan Rayon Militer atau Koramil 08 Johar Baru/JB, Jakarta Pusat, terus meningkatkan perannya dalam membina masyarakat sekitar. Salah satu terobosan penting yang dilakukan baru-baru ini dari Koramil 08/JB, Kodim 0501/JP, adalah membuat mural “Kampung Pancasila.”

Mural ini dibuat sederhana di tembok, melibatkan masyarakat setempat, menghadirkan lukisan tentang pahlawan bangsa dan kata-kata bijak dari para pejuang dahulu. Menurut Mayor Inf Bona Ventura, Danramil 08/JB, “ingin menjadikan Johar Baru sebagai Kampung Pancasila sehingga dapat menggugah masyarakatnya agar berperilaku sesuai norma Pancasila, paham sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan cinta tanah air. Kegiatan Kampung Pancasila ini merupakan arahan dari Kodam Jaya yang bekerja sama dengan BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila).”

Menariknya, ide ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat. “Apalagi sebagai wilayah yang padat penduduknya, terkadang terjadi tawuran di Johar Baru, bahkan banyak masyarakat berada pada ekonomi kelas bawah dan menderita sakit menahun,” sambung Mayor Bona. Jadi, pendekatan teritorial yang dilakukan personilnya lewat berbagai cara. Salah satunya membuat “Kampung Pancasila” dengan karya seni.

Koramil 08/JB giat melakukan pendekatan kepada masyarakat binaanya yang padat penduduk
“Dari fakta tersebut, pemahaman kehidupan berdasarkan Pancasila sangat penting agar terciptanya saling tolong - menolong, rasa toleransi dikalangan masyarakat dan membentuk generasi muda yang cinta tanah air,” tambah lulusan Akademi Militer 2005 ini.

Di tengah ancaman pandemi Covid-19, personil Koramil 08/JB bersama tiga pilar (TNI, Polri, Pemda) pun rajin mendatangi masyarakat binaannya, dengan sosialisasi protokol kesehatan seperti membagi masker gratis. Dalam jangka pendek, memberi perhatian kepada masyarakat yang sakit menahun dan kurang mampu sehingga dapat menggugah seluruh kalangan untuk hidup saling tolong-menolong.

“Sasaran jangka menengahnya, bersama berbagai elemen mengajak generasi muda agar memiliki cita-cita yang tinggi serta mengenal sejarah bangsanya. Sasaran jangka panjangnya adalah agar seluruh lapisan masyarakat Johar Baru memiliki wawasan kebangsaan sehingga timbul rasa cinta yang tinggi kepada Ibu Pertiwi,” tegas Danramil (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

About me

Indonesia Mandiri

Facebook

Cakrawala

About us

NeoMag is a blogging Blogger theme featuring a sleek, stylish and modern design suitable for everyone who loves to share their stuff online.