Home » » TNI Meriahkan Hari Tari Dunia Di Papua

TNI Meriahkan Hari Tari Dunia Di Papua

Posted by Indonesia Mandiri on April 30, 2021

TNI ikut memperkenalkan Tari Piring asal Sumbar ke masyarakat Papua dan dunia
Jayapura
(IndonesiaMandiri) – Prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Braja Sakti atau Brs ikut  memeriahkan Hari Tari Dunia yang diselenggarakan di Kampus ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) di Jayapura, Papua, dengan menampilkan Tari Piring asal Sumatera Barat.

Menurut Dansatgas Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani, tujuan keikutsertaan ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, serta turut melestarikan warisan luhur dan budaya Bangsa. "Dalam kesempatan ini Satgas mengirimkan 8 orang personel yang dipimpin Pasiter Satgas Lettu Inf Ibrahim," katanya.

Pertunjukan seni budaya yang digelar di Kota Jayapura ini mendapat respon positif dari para pengunjung yang umumnya adalah pemuda-pemudi pelajar di Jayapura. Beberapa tarian tradisional yang ditampilkan oleh Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) diantaranya koreografi, Tari Nusantara, Tari Pangkur Sagu, Tari Seka Komoro dan Tari Piring dari Minang

Pasiter Satgas Lettu Inf Ibrahim menambahkan, ”persembahan Tari Piring ini sengaja kami pilih untuk mengenalkan budaya Minang kepada saudara-saudara kami di Papua. Adapun makna dari tari ini sebagai ungkapan syukur atas panen yang melimpah. Sedangkan gerakan Tari Piring sendiri menggambarkan proses pertanian dan pengolahan lahan yang dilakukan oleh masyarakat.”

Rektor ISBI Dr. I Dewa Ketut Wicaksana S.Sp., M.Hum menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa sangat senang atas keikutsertaan Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs dalam memeriahkan Hari Tari Dunia ini (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala