Pramuwisata Harus Paham Tren Pariwisata Berkelanjutan

Bali (IndonesiaMandiri) – “Kalau dulu satu pramuwisata melayani kurang lebih 40 orang. Sekarang mungkin rasionya satu banding empat. Saya selalu bila

Kualitas pramuwisata perlu terus ditingkatkan seiring dengan tren wisata ke arah sustainable tourism
Bali
 (IndonesiaMandiri) –  “Kalau dulu satu pramuwisata melayani kurang lebih 40 orang. Sekarang mungkin rasionya satu banding empat. Saya selalu bilang tren pariwisata ke depan sudah bisa terbaca, akan lebih localize, customize, dan smaller in size.  Ini juga merupakan bagian daripada adaptasi dan inovasi menuju ecowisata atau wisata berbasis alam,”tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di Bali (25/2).

Menparekraf saat berkantor di Bali berdialog dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali. Ia mengatakan, pandemi yang memukul sektor pariwisata berdampak besar terhadap kegiatan sekitar 7.000 pramuwisata di Bali.

“Kita lihat dampak pandemi ini sangat berat. Hampir tujuh ribu lebih pramuwisata yang ada di Bali terkena dampaknya. Ada yang sudah makan tabungan, makan hasil jual aset, dan bahkan pulang ke kampung halaman untuk menjadi pedagang, petani, dan nelayan. Namun begitu, saya optimistis pramuwisata di Bali akan pulih kembali,” jelas Sandiaga.

Wisatawan juga harus diberi pemahaman yang kuat tentang protokol kesehatan di destinasi wisata
Untuk itu, Sandiaga mengajak para pramuwisata untuk optimistis dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas diri dalam beradaptasi dan berinovasi melihat perubahan tren ke depan mengarah pada stainable tourism (pariwisata berkelanjutan).

Wisatawan yang berkunjung ke suatu destinasi jumlahnya akan lebih sedikit, tapi lebih berkualitas dan story telling terhadap suatu destinasi akan lebih kuat. Pramuwisata merupakan salah satu komponen penting dalam jasa pariwisata. Sebagai garda terdepan menyambut para wisatawan, pramuwisata hadir untuk menceritakan atau memberikan informasi mengenai destinasi dari hulu ke hilir.

Kemenparekraf/Baparekraf sebelumnya telah melakukan pelatihan berbasis kompetensi bagi pramuwisata. Di 2021 ini pelatihan akan ditingkatkan lagi dari sisi story telling. Karena saat ini pertumbuhan nature and culture tourism yaitu desa wisata sedang berkembang pesat. Dan, akan ditingkatkan sertifikasi kompetensi untuk 2.100 SDM pariwisata, meliputi industri hotel, restoran, pramuwisata, SPA dan MICE. Pada tahun sebelumnya hanya 1.600 SDM yang tersertifikasi.

Dalam membantu pramuwisata, Menparekraf juga akan merencanakan program prakerja. Karena melalui program ini ada insentif tunai serta pelatihan. “Mudah-mudahan hal ini bisa kita akselerasi segera. Saya dengan jajaran Kemenparekraf lainnya akan bekerja keras, untuk menyelamatkan satu persatu dari tujuh ribu pramuwisata yang ada di Bali,” terang Sandiaga.

Disamping itu, Menparekraf menjelaskan tren lainnya yang disebut pandemic winner, yaitu safe and healthy tourism destination. Destinasi yang menerapkan safety and healthy tourism dapat meningkatkan sektor pariwisata sebesar 4 hingga 5 kali lipat. Jadi, pemulihan pariwisata khususnya wisatawan nusantara, sangat bergantung pada komitmen kita terhadap penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE.

“Saya titip pesan kepada teman-teman HPI untuk menerapkan protokol kesehatan ini dengan disiplin dan penuh kesadaran. Agar nantinya wisatawan merasa aman dan nyaman,” saran Sandiaga. Ketua HPI DPD Bali, I Nyoman Nuarta, menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemenparekraf/Baparekraf atas responsnya terhadap pramuwisata Bali. “Karena dukungan dan arahan ini sangat berarti secara psikologis bagi kami,” ujar I Nyoman Nuarta (ma/ag).

Foto: abri

Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Pramuwisata Harus Paham Tren Pariwisata Berkelanjutan
Pramuwisata Harus Paham Tren Pariwisata Berkelanjutan
Bali (IndonesiaMandiri) – “Kalau dulu satu pramuwisata melayani kurang lebih 40 orang. Sekarang mungkin rasionya satu banding empat. Saya selalu bila
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilRJXYWkdwsNXUvU5MXqBeVj55m5TfNo3TENZwg5v-hl5Qz-X4R2I_ompEcx4oeRkTki6j9VdAfBnq_LFiDZYVjVr2LH5r-H08x7R804uWz4I_u8r3qoO3CKEmSVTd0dHzfN8-_iD4Xa8/w400-h299/cucitangan.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilRJXYWkdwsNXUvU5MXqBeVj55m5TfNo3TENZwg5v-hl5Qz-X4R2I_ompEcx4oeRkTki6j9VdAfBnq_LFiDZYVjVr2LH5r-H08x7R804uWz4I_u8r3qoO3CKEmSVTd0dHzfN8-_iD4Xa8/s72-w400-c-h299/cucitangan.JPG
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/02/pramuwisata-harus-paham-tren-pariwisata.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/02/pramuwisata-harus-paham-tren-pariwisata.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy