Home » » JICA Bantu RSUI Dalam Penanganan Tanggap COVID-19

JICA Bantu RSUI Dalam Penanganan Tanggap COVID-19

Posted by Indonesia Mandiri on Februari 02, 2021

Penandatangan kerjasama RSUI-JICA dilakukan secara daring
Depok/Jabar
 (IndonesiaMandiri) – Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menjalin kerja sama dengan Badan Kerja Sama Internasional Jepang atau lebih dikenal dengan nama JICA (Japan International Cooperation Agency) dalam proyek berjudul “Tanggap COVID-19 Rumah Sakit, khususnya di wilayah Kota Depok dan sekitarnya.”.

Ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama secara daring, dilakukan Kepala Perwakilan JICA Indonesia Office, Shigenori Ogawa, dengan Direktur Utama RSUI, dr. Astuti Giantini, Sp.PK, MPH dan disaksikan oleh Sekertaris Universitas Indonesia, dr. Agustin Kusumayati,M.Sc‎, Ph.D (1/2).

dr. Astuti Giantini menuturkan, kerja sama ini sebagai wujud tanggung jawab RSUI meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat umum atau komunitas melalui pelatihan dan seminar, khususnya dalam penanganan COVID-19. “Penyakit COVID-19 membutuhkan penanganan yang komprehensif dan kolaborasi antarprofesional yang baik sehingga adanya kerja sama ini sangat membantu kami dalam mengadakan pelatihan dan seminar yang bermanfaat untuk penanganan COVID-19 nantinya,” jelas Astuti.

Yang tak kalah pentingnya, tambah Astuti, “adanya kerja sama ini, juga dapat meningkatkan layanan kesehatan yang lebih baik kepada pasien COVID-19 serta dapat menambah pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga kesehatan. baik di RSUI maupun untuk rekanan rumah sakit yang tergabung dalam rumah sakit jejaring Academic Health System – Universitas Indonesia serta rumah sakit sekitar Depok.” .

JICA sebagai lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang, memiliki komitmen memperkuat sistem kesehatan dan medis melalui penyediaan peralatan maupun pengembangan sumber daya manusia.

Menurut Kepala Perwakilan JICA Indonesia Office, Shigenori Ogawa“penyebaran COVID-19 yang cepat dan luas mengancam kesehatan dan mata pencaharian masyarakat di seluruh dunia. Oleh karena itu, kami dari JICA memiliki inisiatif untuk membantu dan mendukung dalam rangka memulihkan kesehatan dan pengobatan secara global terutama untuk negara yang termasuk mitra kami.”

Dukungan JICA meliputi, memperkuat sistem perawatan, meningkatkan sistem penelitian dan peringatan penyakit menular dan mempromosikan pencegahan penyakit menular. “Kami berharap kerja sama antara UI, RSUI dengan JICA dapat terus terjalin dengan kuat dan RSUI dapat menjadi rumah sakit yang memimpin di bidang pendidikan kedokteran dan penelitian di Indonesia serta memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat lokal, Depok dan sekitarnya” terang Shigenori (lw).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala