Home » » "Glarane", Sarana Promosi Parekraf Indonesia di Prancis

"Glarane", Sarana Promosi Parekraf Indonesia di Prancis

Posted by Indonesia Mandiri on Januari 30, 2021

Hasil karya ekonomi kreatif Tanah Air bisa dinikmati warga Prancis lewat media sosial

Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyambut baik kehadiran "Glarane", diluncurkan KJRI Marseille sebagai platform daring yang menghadirkan berbagai produk ekonomi kreatif khas tanah air, sehingga dapat menjadi sarana promosi baik bagi pariwisata dan ekonomi kreatif/parekraf Indonesia.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, dalam keterangannya (29/1), mengatakan platform yang dapat diakses melalui laman www.glarane.com ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai informasi dan produk Indonesia yang dipasarkan di Prancis. Glarane secara harfiah dan tradisional berarti bentangan untuk menjajakan berbagai produk untuk dijual.

“Makna ini yang mendasari tujuan platform, tidak hanya sebagai media untuk menampilkan produk, tetapi juga mendorong hubungan usaha dan jejaring seluas-luasnya yang saling mendukung,” tambah Nia.

Platform yang bermotokan “Trouve l'Indonésie” (Temukan Indonesia) ini, lanjut Nia, memiliki 18 partisipan, terdiri dari pelaku ekonomi kreatif asal Indonesia seperti kerajinan, batik, home decoration, aromatik, makanan serta restoran masakan Indonesia, usaha katering dan lain-lain. “Bagi seniman Indonesia di Prancis, secara khusus juga telah disiapkan kolom tersendiri di dalam platform ini untuk memamerkan karyanya dan event secara virtual,” terangnya.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI untuk Marseille, Arief Muhammad Basalamah, menuturkan platform ini merupakan jawaban atas keprihatinan wirausaha produk Indonesia yang sejak pandemi Covid-19 terjadi di Prancis pada awal 2020 mengalami penurunan aktivitas dan pendapatan usaha secara signifikan.

“Platform ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi wirausaha produk Indonesia di Prancis, serta memperkuat dan memperluas jaringan, dan membuka kesempatan bagi wirausaha di Indonesia untuk bergabung, dalam rangka menjalin hubungan usaha dengan mitra dan calon mitranya di Prancis,” jelas Arief.

Menurut Arief, platform yang diperkenalkan dalam webinar “Peluncuran Platform Promosi Produk Indonesia” (28/1), memiliki 18 kolom promosional dari pelaku ekonomi kreatif. Mereka yang telah bergabung dalam platform yang masih terus dikembangkan itu diharapkan mendapatkan kemudahan perluasan jaringan pasar karena produknya dapat diakses oleh mitra usaha dan konsumen.

Konten “Glarane” akan terus dikembangkan secara interaktif dari partisipasi anggotanya dan dapat diakses publik selama 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu. Arief mengajak para pelaku ekonomi kreatif Tanah Air yang belum bergabung dalam “Glarane” untuk ikut serta mendaftarkan diri ke platform ini (vh/dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri